VIDEO: Ribuan Siswa SMP di Surabaya Jalani Tes Usap COVID-19

VIDEO: Ribuan Siswa SMP di Surabaya Jalani Tes Usap COVID-19

Jelang sekolah tatap muka untuk tingkat SMP di Surabaya yang akan dilaksanakan awal Desember, Pemkot Surabaya menggelar swab test atau tes usap COVID-19 untuk 5.000 murid Kelas 3 SMP di Surabaya sejak Rabu pagi.

Ribuan siswa yang menjalani tes swab tersebut berasal dari 17 SMP , baik negeri maupun swasta yang akan terlebih dahulu menggelar sekolah tatap muka.

Kurang lebih 5.000 siswa SMP di Surabaya Rabu pagi, menjalani swab test jelang uji coba sekolah tatap muka, pada awal Desember 2020 ini. Seperti di SMP Negeri 1 di Jalan Pacar Surabaya, sebanyak 405 siswa mengikuti uji swab Covid-19.

Tes usap COVID-19 dilakukan kerja sama Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan Kota Surabaya, sebagai salah satu syarat dibukanya kembali belajar tatap muka. Yang rencananya resmi dimulai pada Januari 2021. Swab test bagi siswa Kelas 9 ini sangat penting untuk kesehatan bersama dalam proses belajar mengajar.

"Jadi proses pembelajarannya, kita awasi sesuai dengan harapan Mas Menteri (Mendikbud) bahwa jaraknya itu adalah 1,5 meter, saya selaku Kepala Sekolah, Alhamdulillah bersama tim telah menyiapkan, bagaimana protokol kesehatan yang berada di SMP Negeri 1 Surabaya," ujar Suharto, Kepala SMPN 1 Surabaya, seperti dikutip dari tayangan Liputan6, 26 November 2020.

Rencana belajar tatap muka untuk SMP ini disambut antusias siswa. Karena selama delapan bulan ini, para siswa tidak dapat belajar secara maksimal dari rumah. Mereka mengaku sudah tidak sabar ingin belajar tatap muka secara langsung, apalagi untuk persiapan jelang ujian kelulusan.

Tes usap COVID-19 digelar serentak selama dua hari, yakni 25 dan 26 November 2020, diikuti kurang lebih 5.000 siswa dari 17 SMP se-Surabaya, baik negeri maupun swasta. Sekolah tatap muka untuk siswa SMP akan diuji coba pada awal Desember 2020.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 28 November 2020, 10:11 WIB

Video Terkait

Spotlights