Tiga Petugas Tracing Kabupaten Jember Terkonfirmasi COVID-19

Oleh Liputan6.com pada 27 Nov 2020, 04:00 WIB
Diperbarui 27 Nov 2020, 04:00 WIB
Ilustrasi Covid-19, virus corona
Perbesar
Ilustrasi Covid-19, virus corona. Kredit: Gerd Altmann via Pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Tiga aparatur sipil Dinas Kesehatan Kabupaten Jember, Jawa Timur yang merupakan anggota tim tracing COVID-19 terkonfirmasi tertular virus corona.

"Memang benar ada tiga tenaga kesehatan yang biasanya melakukan tracing terhadap kontak erat pasien positif akhirnya terkonfirmasi positif terpapar virus corona," kata Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Jember Gatot Triyono di Jember, Kamis, 26 November 2020.

Menurutnya, ketiga tenaga kesehatan tersebut bertugas melakukan tracing atau melacak riwayat kontak erat dengan orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 sehingga rentan tertular virus corona, dilansir dari Antara.

"Saya tidak tahu apakah ketiga tenaga kesehatan itu dirawat di rumah sakit atau melakukan isolasi mandiri karena informasi yang saya terima masih sebatas itu saja," tuturnya.

Untuk itu, lanjut Gatot, Kantor Dinas Kesehatan Jember akan ditutup sementara mulai Jumat, 27 November 2020 untuk dilakukan penyemprotan disinfektan oleh petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember.

"Penutupan sampai berapa lama kami belum mendapatkan keterangan lebih lanjut, namun yang pasti akan dilakukan sterilisasi di seluruh ruangan dinkes pada Jumat, 27 November ," katanya.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini


Seluruh Staf Dinkes Jember WFH

Ilustrasi coronavirus, virus corona, koronavirus, Covid-19.
Perbesar
Ilustrasi coronavirus, virus corona, koronavirus, Covid-19. Kredit: Fernando Zhiminaicela via Pixabay

Gatot menjelaskan petugas juga akan tracing dengan mereka yang melakukan kontak erat dengan ketiga tenaga kesehatan yang menjadi anggota tim tracing tersebut.

"Mereka yang riwayatnya pernah kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 jelas akan dilakukan swab untuk memastikan apakah mereka tertular virus corona atau tidak," ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Jember, Diah Kusworini mengatakan penutupan Kantor Dinkes Jember dilakukan hingga benar-benar kondisinya aman di kantor tersebut.

Seluruh staf Dinkes Jember bekerja dari rumah atau work from home (WFH), kecuali yg mendapat tugas khusus di Posko Penanganan COVID-19.

Berdasarkan data Satgas Penanganan COVID-19 Jember tercatat tambahan positif baru sebanyak 75 orang, pasien yang sembuh sebanyak 68 orang, dan meninggal dunia sebanyak lima orang.

Dengan demikian total warga Jember yang terpapar virus Corona hingga 26 November 2020 mencapai 2.216 orang, dengan rincian pasien yang sudah sembuh sebanyak 1.642 orang, menjalani perawatan sebanyak 481 orang, dan meninggal dunia sebanyak 93 orang.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya