VIDEO: Jelang Pilkada Serentak, Warga Mojokerto Antre Rekam E-KTP

Oleh Agustina Melani pada 25 Nov 2020, 23:19 WIB
Diperbarui 25 Nov 2020, 23:19 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) di Mojokerto, Jawa Timur digeruduk puluhan warga pemohon e-KTP, Sabtu, 21 November 2020.

Mereka saling berdesak-desakan berebut mengambil nomor antrean untuk perekaman e-KTP, dan sebagian warga yang antre terlihat mengabaikan protokol kesehatan.

Pemicu membludaknya pemohon e-KTP ini, menyusul adanya surat pemberitahuan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mojokerto, terkait pemilih pemula agar segera melakukan perekaman identitas, untuk keperluan syarat hak suara dalam Pilbup Mojokerto 2020. Berikut seperti ditayangkan pada Liputan6, 22 November 2020.

Kericuhan ini terjadi pada Sabtu pagi di depan ruang administrasi pengurusan perekaman e-KTP Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mojokerto.

Ratusan pemohon e-KTP saling mendorong dan berdesakan untuk berebut nomor antrean. Bahkan  sejumlah pemohon ada yang terjatuh dan terinjak-injak. Menghindari kerumunan massa di tengah pandemi, antrean pemohon e-KTP inipun akhirnya dibubarkan polisi.

Apalagi di antara warga ada yang tidak patuh protokol kesehatan, seperti tidak memakai masker. Menurut salah seorang warga, antrean pemohon terjadi sejak pukul 4 pagi.

Membludaknya antrean pemohon e-KTP ini, menyusul beredarnya surat KPU Kabupaten Mojokerto yang mengimbau warga untuk segera melakukan perekaman e-KTP, agar bisa menyuarakan hak pilihnya di pilkada serentak 2020.