VIDEO: Sejuta Pesona Padang Savana Sadengan Taman Nasional Alas Purwo

Oleh Agustina Melani pada 21 Nov 2020, 17:18 WIB
Diperbarui 21 Nov 2020, 17:18 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Terlepas dari kesan angker, Taman Nasional Alas Purwo di Banyuwangi, Jawa Timur ternyata menyimpan sejuta pesona keindahan alam di dalamnya.

Salah satu lokasi andalannya, adalah Padang Savana Sadengan, yang terletak di dalam kawasan hutan seluas 43.000 hektare tersebut. Wisatawan bisa melihat satwa liar seperti, banteng, burung merak, dan rusa di habitat aslinya. Berikut kita simak liputannya pada Fokus, (17/11/2020).

Banteng-banteng liar yang sedang mencari makan, di padang rumput seluas 80 hektare ini, menjadi pemandangan yang menakjubkan. Hewan bernama latin bos javanicus ini penghuni habitat aslinya di Padang Savana Sadengan, Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi.

Pengunjung juga bisa menyaksikan satwa liar lain yang tak kalah eksotisnya, yakni burung merak. Unggas berbulu indah ini mencari makan di kawasan padang rumput, atau berdiam di atas pohon. Jika beruntung, pengunjung juga bisa menyaksikan satwa liar lainnya seperti rusa, kijang, babi hutan, hingga macan tutul.

Pengelola taman nasional, telah menyediakan fasilitas khusus berupa menara tiga lantai, untuk mengamati indahnya panorama padang rumput dari kejauhan.

Meski berada di kawasan alam liar, wisatawan tidak perlu khawatir, karena pengelola telah memasang pagar pembatas, bagi pengunjung untuk menyaksikan satwa-satwa liar yang sedang mencari makan. Di akhir pekan, kawasan Savana Sadengan selalu ramai didatangi wisatawan.

"Di sini ternyata, aku baru tahu juga kalau ternyata ada lautnya, tak kira Alas Purwo itu cuma hutan belantara,” kata Fitria Ulfa, Wisatawan.

Untuk masuk di kawasan hutan ini, pengunjung cukup membayar tiket masuk Rp 10.000. Selain menikmati kawasan savana, pengunjung juga bebas berkeliling di kawasan taman nasional, menyaksikan indahnya hutan, dan pantai. Akan tetapi, jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, untuk mencegah penularan COVID-19.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.