10 Wisata Air Terjun di Banyuwangi yang Indah dan Eksotis

Oleh Husnul Abdi pada 19 Nov 2020, 13:00 WIB
Diperbarui 19 Nov 2020, 13:00 WIB
Wisata Air Terjun di Banyuwangi
Perbesar
Kampung Anyar, jadi tempat terbaik untuk menikmati pesona air terjun di Banyuwangi.

Liputan6.com, Jakarta Wisata air terjun di Banyuwangi merupakan salah satu destinasi yang bisa kamu kunjungi. Seperti yang telah diketahui, destinasi wisata di Banyuwangi memang didominasi oleh alam yang indah dan menakjubkan. Banyuwangi pun menjelma menjadi salah satu destinasi wisata baru bertaraf internasional yang wajib untuk dikunjungi.

Kabupaten yang terletak di ujung timur pulau Jawa ini memang sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Mulai dari wisata alam, pegunungan, air terjun, hingga pantainya selalu menggoda wisatawan untuk berkunjung.

Wisata air terjun di Banyuwangi memiliki berbagai macam keindahan dan keunikan yang tidak dimiliki daerah lainnya. Jadi, selain mengunjungi beberapa destinasi yang telah terkenal, seperti Kawah Ijen, Pantai Plengkung, serta Pantai Pulau Merah, kamu juga bisa mengunjungi wisata air terjun di Banyuwangi.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (19/11/2020) tentang wisata air terjun di Banyuwangi.

2 dari 6 halaman

Air Terjun Pertemon dan Air Terjun Coklak

Ilustrasi air terjun
Perbesar
Ilustrasi air terjun (sumber: Pixabay)

Air Terjun Pertemon

Salah satu wisata air terjun di Banyuwangi yang sangat unik yaitu Air Terjun Pertemon. Berlokasi di Bayu, Songgon, Kabupaten Banyuwangi, air terjun ini mengharuskan kamu untuk melakukan kegiatan trekking terlebih dahulu.

Di perjalanan, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah dan asri bernuansa pegunungan. Kamu tidak akan penat melihat keindahan alam yang segar dalam perjalanan trekking ini. Megahnya Air Terjun Pertemon akan melengkapi keindahan alam yang kamu nikmati saat trekking. Keindahan air terjun ini mirip dengan air terjun Madakaripura di kaki Gunung Bromo.

Air Terjun Coklak

Air Terjun Coklak di Glenmore merupakan salah satu wisata air terjun di Banyuwangi yang unik dna sangat menakjubkan. Tebing yang indah dan warna air yang beragam menjadi keistimewaan air terjun ini.

Sama seperti Air Terjun Pertemon, kamu harus melakukan trekking untuk mencapai Air Terjun Coklak ini. Tentunya hal ini tidak seberapa mengingat kamu akan disuguhkan dengan pemandangan curahan air dalam debit besar yang menghasilkan pelangi yang indah nantinya.

3 dari 6 halaman

Air Terjun Kampung Anyar dan Air Terjun Bayu Lor

Air Terjun Kampung Anyar

Jika kamu ingin melihat air terjun yang juga tidak kalah unik lainnya, Air Terjun Kampung Anyar bisa menjadi jawabannya. Kamu akan disuguhi pemandangan tiga air terjun sekaligus dalam satu kompleks lokasi. Air terjun ini kerap juga disebut sebagai Air Terjun Kembar atau Air Terjun Jagir.

Berlokasi di Desa Taman Suruh, Air Terjun Kampung Anyar memiliki keindahan panorama yang menakjubkan. Bahkan ketiga air terjun yang ada di sini berasal dari 3 sumber mata air yang berbeda. Dikelilingi oleh pepohonan hijau yang asri, menghabiskan waktu di Air Terjun Kampung Anyar akan membuat suasana hati menjadi lebih sejuk.

Air Terjun Bayu Lor

Air Terjun Bayu Lor merupakan salah satu wisata air terjun di Banyuwangi yang bernuansa alami dan luar biasa indah. Air terjun dengan debit air yang cukup deras ini mengalir dan membentuk beberapa undakan sehingga membuat pemandangannya begitu menakjubkan. Air Terjun Bayu Lor ini berlokasi di Bayu, Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

4 dari 6 halaman

Air Terjun Telunjuk Dewa Raung dan Air Terjun Lider

Air Terjun Telunjuk Dewa Raung
Perbesar
Air Terjun Telunjuk Dewa Raung (banyuwangi.merdeka.com)

Air Terjun Telunjuk Dewa Raung

Air Terjun Telunjuk Dewa Raung ini memiliki bentukn yang unik, yaitu menyerupai jari telunjuk. Lokasinya yang berada di kaki Gunung Raung, membuat masyarakat setempat menjuluki wisata air terjun di Banyuwangi satu ini dengan Air Terjun Telunjuk Dewa Raung.

Berlokasi di Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Untuk mencapai tempat ini, kamu akan melalui hutan belantara Gunung Raung dan jalan setapak sempit yang tentunya sangat menyenangkan bagi kamu yang suka petualangan.

Air Terjun Lider

Air Terjun Lider berlokasi di lereng Gunung Raung. Dengan ketinggian pancuran air sekitar 60 meter, Air Terjun Lider terletak di ketinggian 1.300 mdpl, tepatnya di kawasan hutan lindung.

Di sekitar wisata air terjun di Banyuwangi ini terdapat empat air terjun kecil. Dengan dikelilingi oleh tebing berbatu yang tinggi, lokasi Air Terjun Lider bisa dibilang cukup tersembunyi. Bahkan, kamu perlu menyeberangi sungai sebanyak 7 kali dan menembus hutan lindung terlebih dahulu sebelum ke air terjun ini.

5 dari 6 halaman

Air Terjun Kalibendo dan Air Terjun Tirto Kemanten

Air Terjun Kalibendo

Air Terjun Kalibendo merupakan salah satu wisata air terjun di Banyuwangi yang berlokasi di Desa Kampung Anyar. Berjarak sekitar 15 km dari Kota Banyuwangi, air terjun ini bisa kamu capai dengan melewati jalan setapk yang dikelilingi perkebunan cengkeh dan pohon bendo. Kamu juga akan menyusuri sungai sebelum sampai di Air Terjun Kalibendo.

Hal ini tentunya memberikan pengalaman yang tak akan terlupakan dengan pemandangan indahnya. Air terjun yang satu ini tidak terlalu tinggi, namun memiliki air yang jernih. Dikelilingi oleh tebing dan pepohonan hijau, perjalanan kamu yang melelahkan akan terbayar lunas.

Air Terjun Tirto Kemanten

Air Terjun Tirto Kemanten adalah salah satu wisata air terjun di Banyuwangi dengan pemandangan yang indah di lereng Gunung Raung. Terletak di Dusun Wonoerjo, Kecamatan Kalibaru, nama kemanten (pengantin) disematkan karena air terjun tersebut letaknya berdampingan.

Air Terjun Kemanten memiliki ketinggian sekitar 10 meter, dan dikelilingi oleh tebing serta pepohonan yang hijau. Suasana yang asri dan sejuk menjadi nilai tersendiri bagi pengunjung yang datang.

6 dari 6 halaman

Air Terjun Kedung Angin dan Air Terjun Temcor

Ilustrasi air terjun  (sumber: Pixabay)
Perbesar
Ilustrasi air terjun (sumber: Pixabay)

Air Terjun Kedung Angin

Wisata air terjun di Banyuwangi memang tidak ada habisnya. Salah satu air terjun yang tidak kala indah adalah Air Terjun Kedung Angin. Berlokasi di Desa Pekel, Kecamatan Licin, kamu bisa mencapai lokasi ini setelah berkendara kurang lebih 20 Km dari pusta kota Banyuwangi.

Panorama sawah dan hutan pinus menjadi teman sepanjang jalan. Sesampainya di desa, jalan setapak sejauh 1 Km masih harus dilalui untuk bisa sampai di Air Terjun Kedung Angin. Kolam yang terbentuk akibat air terjun memiliki air yang jernih berwarna kehijauan, dan kamu bisa berenang di sana.

Air Terjun Temcor

Banyuwangi yang memiliki kawasan pegunungan membuatnya memiliki berbagai macam wisata air terjun. Air Terjun Temcor yang berlokasi di Desa Sumber Arum, Kecamatan Songgon merupakan salah satunya.

Air Terjun Temcor ini juga dikenal warga sekitar dengan nama Kembang Arum. Untuk mencapai tempat ini, kamu juga harus mengikuti jalur trekking di antara pamatang sawah warga. Dengan ketinggian air terjun sekitar 10 meter, pancurannya membentuk sebuah kolam yang cukup lebar. Penduduk lokal dan wisatawan biasanya memanfaatkan keindahan alam tersebut untuk berenang dan menikmati keindahan panorama di sekitarnya.

Lanjutkan Membaca ↓