VIDEO: Direktur RSI Ahmad Yani Surabaya Wafat Akibat Terpapar COVID-19

VIDEO: Direktur RSI Ahmad Yani Surabaya Wafat Akibat Terpapar COVID-19

Dunia medis di Surabaya kembali berduka. Setelah sempat dirawat selama sepekan karena terpapar COVID-19, Direktur Utama Rumah Sakit Islam Jalan Ahmad Yani Surabaya, meninggal dunia, Sabtu pagi.

Isak tangis ratusan karyawan dan tenaga kesehatan rumah sakit iringi pemberangkatan jenazah, ke TPU Keputih Surabaya. Sejumlah anggota keluarga, juga tertular COVID-19, yakni seorang putri dan dua orang cucu, yang kini dirawat intensif di rumah sakit. Berikut video pemberitaannya pada Liputan6, 16 November 2020.

Isak tangis ratusan karyawan dan tenaga kesehatan Rumah Sakit Islam Ahmad Yani Surabaya pecah, saat mobil jenazah almarhum tiba di Rumah Sakit Islam Ahmad Yani Surabaya.

Mereka tampak berduka dan merasa sangat kehilangan sosok pimpinan, yang semasa hidupnya dikenal penyabar dan santun kepada bawahannya.

Sabtu pagi, dr. Samsul Arifin, Direktur Utama Rumah Sakit Islam Jalan Ahmad Yani Surabaya, dinyatakan meninggal dunia akibat terpapar COVID-19, sebelumnya sempat menjalani perawatan intensif selama sepekan di RSUD Dr. Soetomo Surabaya.

Sebagai penghormatan terakhir, ratusan karyawan dan tenaga kesehatan melakukan salat jenazah. Almarhum terjangkit COVID-19 usai melakukan perjalanan luar kota, dan sebelumnya sempat mengeluhkan sesak napas dan batuk. Dari gejala tersebut, almarhum dr. Samsul Arifin didiagnosa terjangkit COVID-19, yang dirawat di rumah sakit Dr. Soetomo Surabaya.

Ada tiga anggota keluarga, yang tinggal satu rumah dengan dr. Samsul Arifin juga tertular Covid-19. Mereka adalah, anak perempuan dan dua orang cucu laki-laki dan kini tengah dirawat di Rumah Sakit Islam Ahmad Yani Surabaya.

"Beliau memberikan perawatan yang sangat baik, all out, beberapa kali melakukan zoom meeting untuk memberikan pandangan, monitoring," ujar Mohammad Nuh, Ketua YARSIS.

Sosok dr. Samsul Arifin dikenal banyak memberikan pemikiran, untuk perkembangan rumah sakit-rumah sakit di Surabaya. Almarhum merupakan anggota Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia, atau PERSI.

Untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19, masyarakat diimbau tidak kendor untuk menerapkan protokol kesehatan 3 M, yakni, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 17 November 2020, 09:52 WIB

Video Terkait

Spotlights