VIDEO: Batik Gringsing Jadi Harapan di Tengah Pandemi COVID-19

VIDEO: Batik Gringsing Jadi Harapan di Tengah Pandemi COVID-19

Peragaan busana dengan tajuk East Java Fashion Harmony 2020, digelar pada Sabtu pagi. Tidak seperti peragaan busana pada umumnya, pagelaran fashion show batik diadakan secara outdoor di tepi Pantai Solong, Banyuwangi, dengan latar belakang Selat Bali.

Dengan mengusung tema batik gringsing, yang bermakna jangan sakit, diharapkan masyarakat Indonesia tetap sehat, di tengah masa pandemi COVID-19.

Selama pandemi COVID-19, bukan berarti kreativitas juga ikut terhenti. Hasil karya seni dari para desainer-desainer batik di Jawa Timur tetap tersalurkan, di ajang East Java Fashion Harmony 2020, yang kembali digelar. Karena di masa pandemi, peragaan busana diubah dengan konsep di luar ruangan di Pantai Solong, Kelurahan Klatak, Banyuwangi dengan mengusung tema batik gringsing.

Gringsing yang bermakna jangan sakit, diharapkan bisa menjadi pelecut semangat masyarakat Indonesia menghadapi pandemi Covid-19. Motif batik gringsing sangat sederhana, dengan bentuk lingkaran bersisik dengan titik hitam di dalamnya. Dimaknai sebagai sebuah keseimbangan, keteguhan, serta kesatuan.

Jejak batik gringsing tersebar di 9 kota di Jawa Timur, yakni Sidoarjo, Mojokerto, Lamongan, Tuban, Tulungagung, Trenggalek, Pamekasan, Bangkalan, dan Banyuwangi. Ada 12 desainer dari Jawa Timur yang membawakan ratusan rancangan. Dengan tema berbeda dan filosofi masing-masing. Berikut seperti diberitakan pada Liputan6, 15 November 2020.

"Nilai-nilai leluhur yang banyak sekali dinarasikan lewat di tulisan-tulisan batik tulis, banyak di antara kita yang kembali memanggil memori kita, bahwa berbagai seni, berbagai nilai-nilai, dan berbagai kearifan dituliskan melalui kanvas, canting para pembatik," tutur Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur.

Pihak penyelenggara juga menyuguhkan berbagai atraksi seni budaya khas Banyuwangi, dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Diharapkan ruang kreativitas seperti ini, bisa tetap berjalan agar perekonomian tetap tumbuh di tengah masa pandemi COVID-19.

"Memberikan wadah untuk seluruh ekonomi kreatif yang di Jawa Timur khususnya, karena kita sudah lama sekali berada di posisi pandemi, yang tentunya, kita tidak bisa berekspresi untuk berkarya kembali," kata Ayu Maulida Putri, Puteri Indonesia 2020.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 16 November 2020, 23:15 WIB

Video Terkait

Spotlights