Limbah Popok Digemari Masyarakat Lumajang, Kok Bisa?

Oleh Liputan6.com pada 13 Nov 2020, 13:30 WIB
Diperbarui 13 Nov 2020, 13:30 WIB
Ilustrasi limbah popok diolah di Lumajang
Perbesar
Ilustrasi limbah popok diolah di Lumajang. (dok. Unsplash.com/@harryjamesgrout)

Liputan6.com, Surabaya- Warga Lumajang berinovasi mengubah popok menjadi barang bernilai ekonomi tinggi dengan daur ulang. Warga desa Sumberwuluh Lumajang dengan kreatif mengolah sampah popok menjadi pupuk cair, bantalan kursi, dan pot bunga.

Kreativitas warga terdengar sampai ke telinga Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati. Ia meninjau tempat pengolahan daur ulang sampah popok yang berada di Dusun Krajan, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Kamis (12/11/2020).

Ia ingin hasil limbah popok yang menjadi pupuk cair segera diuji di laboratorium, sehingga bisa diketahui kelayakannya jika dijual ke masyarakat. Sementara, pengolahan lapisan luar popok menjadi bantalan atau kursi mobil dan lapirsan luar popok menjadi pot bunga mendapat apresiasi.

“Pengolahan semacam ini bisa mengurangi limbah popok yang dinilai merugikan dan mengotori sungai,” ucap Wakil Bupati Lumajang.

Ketua KSM Bina Lestari Nur Cholis mengatakan pengolahan limbah popok berawal dari keprihatinan warga melihat limbah popok yang sulit diurai dan mempengaruhi kesuburan tanah.

“Hasil daur ulang ini sangat diminati masyarakat Lumajang, apalagi untuk pot bunga dan bantalan kursi,” tuturnya.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya