VIDEO: Dugaan Arus Pendek Listrik Akibatkan Pabrik Triplek Terbakar

VIDEO: Dugaan Arus Pendek Listrik Akibatkan Pabrik Triplek Terbakar

Pabrik pembuatan triplek di Magetan, Jawa Timur, terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam peristwia ini, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Dalam video amatir yang direkam karyawan pabrik, api membakar pabrik triplek PT Admira di Desa Bibis, Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Magetan, Selasa sore. Tiupan angin dan material di dalam pabrik yang mudah terbakar, seperti tumpukan kayu, membuat api terus membesar.

Takut terjadi ledakan, sejumlah karyawan khususnya wanita berhamburan keluar pabrik. Sementara itu, 3 unit mobil pemadam kebakaran yang datang ke lokasi, langsung berjibaku menjinakkan api.

Api diketahui pertama kali, di ruang oven triplek. Saat itu, semua karyawan tengah bekerja. Fery, salah satu karyawan mengatakan, kebakaran terjadi diduga akibat mesin oven yang terlalu panas. Sementara dugaan lain, akibat hubungan arus pendek listrik.

"Tahu-tahu udah mulet-mulet gitu, penyebabnya mungkin panasnya lebih tinggi dari biasanya," kata Fery, Karyawan Pabrik.

"Masih kita dalami, karena memang ini kan tempat oven, oven untuk pengeringan kayu, jadi mudah untuk sekali terbakar, dugaan sementara masih ada korsleting listrik yang terjadi, sehingga membakar tumpukan-tumpukan dari triplek yang sudah hampir jadi," terang Chanif Tri Wahyudi, Kepala Satpol PP Magetan.

Hingga kini, belum ada keterangan resmi dari polisi maupun pihak perusahaan. Tidak ada korban luka, maupun korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut. Sementara akibat kebakaran, pabrik merugi hingga ratusan juta rupiah. Demikian video pemberitaannya pada Liputan6, 12 November 2020.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 13 November 2020, 17:01 WIB

Video Terkait

Spotlights