VIDEO: Uniknya Ikan Gabus Hias Memikat Para Kolektor

VIDEO: Uniknya Ikan Gabus Hias Memikat Para Kolektor

Ikan gabus hias atau dalam bahasa latin disebut channa, saat ini mulai digemari para pecinta ikan hias. Bentuk, warna, maupun tingkah laku yang unik, banyak yang menjadikannya sebagai ikan hias di rumah.

Bahkan ikan gabus jenis channa maru yellow centarum berukuran 30 centimeter, bisa dihargai hingga Rp 10 juta, tergantung kepekatan dan corak warna di tubuhnya. Berikut kita simak videonya pada Liputan6, (9/11/2020).

Ikan gabus bagi sebagian orang, dianggap sebagai ikan predator yang hidup di rawa-rawa, dan diburu untuk dikonsumsi atau sebagai obat. Khasiat daging ikan gabus ini dipercaya bisa menyembuhkan luka bekas operasi maupun luka bedah dengan cepat.

Namun, berbeda dengan ikan gabus hias atau biasa disebut ikan channa. Ikan gabus hias ini dicari, karena bentuk dan warnanya yang indah dan karakternya yang unik.

Warna ikan gabus hias ini pun beragam, di antaranya kuning, biru, dan merah. Tak heran keunikan ikan gabus hias, membuat orang-orang kini tertarik untuk beternak dan memeliharanya.

Ada sekitar 37 jenis ikan gabus hias, yang di antaranya ialah, ikan asli endemik Indonesia. Yang paling diburu oleh kolektor ikan hias, yakni ikan channa maru yellow centarum dan channa blue pulcra. Karena warna tubuhnya yang sangat indah dan mempunyai sirip di samping kepala yang mirip kipas.

Untuk pakan dengan cacing beku dan udang yang sudah dipotong. Selain itu juga dapat diberi cacing, serangga, bahkan cicak. Ikan gabus hias mulai digemari pada akhir 2019 lalu. Perawatan ikan gabus hias ini juga sangat mudah, karena tidak memerlukan aerator maupun filter, bahkan bisa hidup di air kotor sekalipun.

"Untuk chana sendiri kenapa kok saya bisa suka ? Karena di sisi lain perawatannya gampang, ndak perlu aerator, atau pun filter, dia bisa hidup, kalau untuk kondisi air keruh pun, ia bisa hidup di beberapa jenis, kurang lebihnya begitu, warna-warna juga bervariasi, antara biru, merah, macam-macam banyak warnanya," tutur Ilham Dewa, Penghobi Ikan Gabus Hias.

Untuk ikan anakan dihargai Rp 35.000, sedangkan ikan dewasa bisa mencapai Rp 3,5 juta per ekornya. Bahkan ikan channa maru yellow centarum ukuran 25 hingga 30 centimeter, bisa dihargai hingga Rp 10 juta, tergantung kepekatan dan corak warna di tubuhnya.

Karakter galak khas ikan predator, tampaknya menjadikan ikan channa ini sebagai ikan peliharaan alternatif, selain ikan predator lainnya seperti arwana, louhan maupun peacock bass.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 12 November 2020, 10:30 WIB

Video Terkait

Spotlights