VIDEO: Forum Komunikasi Madrasah Kediri Protes Pemotongan Dana BOS

VIDEO: Forum Komunikasi Madrasah Kediri Protes Pemotongan Dana BOS

Sejumlah guru madrasah melakukan aksi demo, dengan mendatangi Kantor Kemenag Kabupaten Kediri, perihal menolak adanya pemotongan dana BOS sebesar 50 persen.

Untuk saat ini, sejumlah madrasah masih menunggu pencairan dana BOS 100 persen, terhitung periode Juli sampai Desember 2020. Berikut pemberitaannya pada Liputan6, 6 November 2020.

Dikawal ketat anggota Polres Kediri, Jawa Timur. Puluhan guru yang tergabung dalam Forum Komunikasi Madrasah, melakukan long march dan memblokade jalan di depan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri, Kamis siang.

Para pengunjuk rasa menuntut pencairan dana operasional sekolah, segera dilakukan tanpa ada pemotongan. Karena pada bulan-bulan sebelumnya, dana tersebut dipotong hingga 50 persen oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri.

"Ya untuk dampaknya, tentu, karena BOS itu adalah ruhnya madrasah, maka tentu kegiatan-kegiatan yang ada di madrasah akan menjadi ada kendala, dengan adanya kekurangan dana BOS tersebut," ujar Nurul Fuad Assofi, Koordinator Aksi.

Sejumlah madrasah di Kabupaten Kediri saat ini tengah menunggu pencairan dana BOS untuk Juli hingga Desember 2020. Setelah adanya tuntutan dari para guru ini, Kantor Kementerian Agama Kediri akhirnya memastikan, tidak akan ada lagi pemotongan dana BOS, dan dalam waktu dekat akan dicairkan.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 09 November 2020, 13:17 WIB

Video Terkait

Spotlights