Sukses

Stadion Gelora Bung Tomo Siap Sambut Piala Dunia U-20

Stadion GBT sempat menjadi pembahasan dalam debat pertama calon wali kota dan Wakil wali kota Surabaya Rabu malam, 4 November 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) merupakan bagian dari kompleks olahraga Surabaya Sport Center. Stadion ini resmi dibuka pada 6 Agustus 2010.

Stadion GBT sempat menjadi pembahasan dalam debat pertama calon wali kota  dan Wakil wali kota  Surabaya Rabu malam, 4 November 2020. Pembahasan Stadion GBT bermula ketika calon wali kota nomor urut dua Machfud Arifin mengatakan, arek Suroboyo harus pergi ke luar kota agar dapat bermain bola. 

Sedangkan calon wali kota nomor urut satu Eri Cahyadi membantah dengan menyebutkan telah ada stadion berstandar Internasional, yaitu Gelora Bung Tomo. Ia juga mengatakan, stadion GBT merupakan yang paling siap untuk digunakan dalam piala dunia U-20.  

Sebelumnya FIFA memperbolehkan PSSI untuk mempersiapkan sepuluh stadion yang nantinya akan digunakan sebagai venue Piala Dunia U-20 pada 2021.

Akan tetapi, FIFA hanya akan memilih enam stadion saja. Stadion Gelora Bung Tomo menjadi salah satu kandidat untuk menjadi tempat pertandingan.

Sejak tahun lalu, pemerintah Kota Surabaya mulai merenovasi stadion GBT agar menjadi stadion yang nyaman bagi pemain maupun penonton. Berbagai proyek telah dilakukan pihak pemkot, mulai dari mengatasi bau sampah, pembangunan akses jalan menuju stadion, pemasangan lampu berstandar FIFA dan perbaikan lainnya.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fasilitas Stadion

Pada 29 Juli 2020,  Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) mengatakan sudah ada beberapa pekerjaan yang dilakukan di GBT, seperti akses untuk pemain, media, official dan penonton. Oleh karena itu, akan ada beberapa akses jalur pintu masuk dan keluarnya yang dibedakan.

Melalui akun instagram @surabaya yang diunggah Kamis, 5 November 2020, stadion GBT sudah menyelesaikan beberapa proyek renovasinya. Renovasi untuk memenuhi seluruh persyaratan dari FIFA yang merupakan federasi tertinggi sepak bola dunia.

Wajah baru di Stadion GBT yang pertama ialah adanya mixed area, yang nantinya ruangan ini akan digunakan sebagai area khusus pemain dan media. Selain itu, terdapat pula akses masuk yaitu pintu khusus para awak media menuju tribun stadion. Bahkan, dipersiapkan juga ruangan yang cukup luas sebagai area media center dan konferensi pers.

Kemudian, ada juga toilet-toilet yang dibedakan sesuai kategori penggunanya. Terdapat toilet khusus pemain yang juga terdapat area bak rendam air panas dan dingin, toilet tamu VIP, toilet penonton VIP dan toilet bagi umum.

Fasilitas baru lainnya ialah disiapkan tempat berupa area khusus official office yang akan digunakan oleh PSSI dan FIFA. Ruang persiapan untuk event, sponsor, seremonial dan awarding juga dibangun demi menunjang kelancaran pertandingan piala dunia U-20 pada 2021 nanti.Stadion GBT ini pun dapat menampung 60.000 penonton.

 

 

(Ihsan Risniawan-FIS UNY)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.