VIDEO: Aksi Mahasiswa FKIP di Jember Bantu Siswa SD Terkendala Belajar Daring

VIDEO: Aksi Mahasiswa FKIP di Jember Bantu Siswa SD Terkendala Belajar Daring

Sistem pembelajaran daring, seringkali menimbulkan kendala pada sinyal telepon seluler. Prihatin dengan hal itu, sekelompok mahasiswa di Jember, Jawa Timur, berkeliling ke wilayah terpencil yang sulit dijangkau sinyal seluler.

Dengan cuma-cuma, mereka memberi materi pelajaran kepada siswa di rumah maupun surau, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dengan langkah mantap, Yuliana Citra, bersama sejumlah mahasiswa lain, mendatangi pemukiman penduduk di Kelurahan Slawu, Kecamatan Patrang, Jember.

Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), di salah satu universitas swasta di Jember itu, mendatangi beberapa rumah, dimana terdapat beberapa kelompok siswa usia sekolah dasar, yang ingin mengikuti pembelajaran secara tatap muka.

Sistem guru keliling kelompok mahasiswa ini, merupakan salah satu upaya untuk mengatasi kesulitan siswa, selama menjalani sistem pembelajaran daring.

Sasarannya adalah para siswa yang tinggal di wilayah terpencil, dan sulit dijangkau jaringan internet, maupun siswa yang tidak memiliki telepon seluler. Pembelajaran digelar secara tatap muka, di teras-teras rumah warga maupun di surau, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Demikian pemberitaannya pada Liputan6, 6 November 2020.

"Pembelajaran secara guling, yaitu guru keliling, kita mahasiswa langsung ke rumah-rumah warga untuk mengajar anak yang kesulitan dalam pembelajaran saat pandemi saat ini, yaitu guling itu, kita di desa ini kendalanya, kesulitan jaringan internet, terus kita sebagai mahasiswa ada program kampus mengajar perintis," kata Yuliana Citra, Mahasiswa Guru Keliling.

Pihak sekolah dasar di Desa Slawu mengaku terbantu dengan aksi guru keliling ini, karena bisa mengatasi kendala proses belajar mengajar sistem daring yang selama ini dilakukan sekolah.

Selain di Kelurahan Slawu, aksi guru keliling juga dilakukan di sejumlah sekolah dasar di wilayah terpencil lainnya. Di antaranya adalah di SDN Sumber Pinang 1, Kecamatan Pakusari, Jember.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 07 November 2020, 13:00 WIB

Video Terkait

Spotlights