Sukses

Hadapi Libur Panjang, Kepadatan Lalu Lintas Jadi Perhatian Polda Jatim

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menuturkan, cuti bersama dan libur ini bersamaan dengan digelarnya Operasi Zebra Semeru 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) mengantisipasi kepadatan lalu lintas saat cuti bersama dan libur panjang pada 28 Oktober-1 November 2020.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menuturkan, cuti bersama dan libur panjang ini bersamaan dengan digelarnya Operasi Zebra Semeru 2020 yang digelar mulai 26 Oktober-8 November 2020. Dalam operasi zebra semeru, ada sejumlah sasaran yakni daerah rawan terjadi kepadatan lalu lintas.

"Sasaran tempat itu di jalur-jalur umum, baik itu jalur provinsi, jalur tol, jalur kabupaten dan seluruh wilayah Jawa Timur. Kemudian juga kegiatan itu kita meliputi terminal bus, kemudian tempat-tempat fasilitas umum kemudian juga bahu jalan, pasar tumpah misalnya selama masa libur panjang ini. Kemudian tempat wisata juga," ujar Trunoyudo, seperti dikutip dari Antara, Selasa (27/10/2020).

Trunoyudo mengatakan, kegiatan-kegiatan kepolisian ini bertujuan menciptakan keamanan, keselamatan dan kelancaran serta ketertiban masyarakat berlalu lintas.

Dalam Operasi Zebra ini ada 3.004 personel kepolisian dari jajaran Polda Jatim yang terlibat. Para personel nantinya juga akan mengingatkan masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan COVID-19.

"Tujuan operasi ini untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam mentaati protokol kesehatan selama masa pandemi. Yang kedua, berkurangnya jumlah pelanggaran dan laka lantas di wilayah Jatim dan membantu memperlancar baik itu distribusi logistik maupun transportasi orang di wilayah Jatim dan terciptanya situasi keamanan keselamatan lalu lintas yang aman dan nyaman," ujar dia.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaga Titik Rawan Bencana

Selain itu, Polda Jatim mengerahkan personel untuk menjaga sejumlah titik yang selama ini rawan bencana saat libur panjang.

"Ada penjagaan di wilayah rawan bencana, kita turunkan personel dari internal kita di polres-polres yang memang potensi-potensi terhadap bencana alam. Seperti tanah longsor, banjir dan lain-lain," ujar dia.

Trunoyudo mengatakan, pihaknya telah bekerja sama dengan sejumlah stakeholder atau pemangku kepentingan terkait, seperti dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), pemadam kebakaran, pemerintah kota dan kabupaten, dinas kesehatan, hingga berkoordinasi dengan TNI mengantisipasi hal yang tidak diinginkan selama libur panjang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.