Sukses

Barata Indonesia Harap Pabrik Gula Bombana Dukung Swasembada Pangan

PG Bombana merupakan pabrik gula dengan kapasitas terbesar di Indonesia yakni 12.000 ton cane per day (TCD).

Liputan6.com, Surabaya - Direktur Pemasaran Barata Indonesia, Sulistyo Handoko menyambut positif peresmian Pabrik Gula (PG) Bombana yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Sulawesi Tenggara, pada Kamis 22 Oktober 2020. 

"Pabrik Gula (PG) Bombana ini dikerjakan oleh PT Barata Indonesia (Persero). Pabrik gula ini milik PT Prima Alam Gemilang yang saat ini telah memasuki tahap produksi," tutur Sulis, panggilan akrab Sulistyo Handoko, Jumat (23/10/2020). 

Dia menuturkan, PG Bombana merupakan pabrik gula dengan kapasitas terbesar di Indonesia yakni 12.000 ton cane per day (TCD). Pabrik yang dibangun sejak 2016 ini didukung dengan sumber bahan baku area tebu inti plasma sebesar 22.797 hektar. 

"Penyelesaian pembangunan pabrik gula ini merupakan komitmen Barata Indonesia dalam mendukung swasembada pangan yang telah dicanangkan oleh pemerintah dan kami berharap hal ini dapat mendorong multiplier effect ekonomi bagi seluruh pihak," kata Sulis.

Dia mengungkapkan, industri gula nasional sangat berpeluang menjadi penopang swasembada pangan setelah swasembada beras.

"Untuk itu Barata Indonesia berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi terhadap terciptanya percepatan kemandirian industri gula dalam negeri melalui komitmen penggunaan lokal konten yang tinggi," ucapnya. 

Ia mengharapkan, penyelesaian pekerjaan tersebut sekaligus memperkuat perusahaan terutama untuk proyek industri agro di Indonesia.

"Kami berharap penyelesaian pekerjaan ini sekaligus menguatkan positioning perusahaan sebagai solution provider bagi proyek industri agro tanah air khususnya industri gula dalam rangka mengatasi tantangan kelangkaan komoditas gula produksi dalam negeri," tutur dia. 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kiprah Barata Indonesia

Dalam kunjungan kerja ke pabrik gula Bombana, Presiden Jokowi melihat alur proses produksi gula kristal putih yang sudah terkoneksi dengan teknologi canggih yang didukung automatisasi sehingga menjadikan proses produksi lebih efektif dan efisien. Hal ini sesuai dengan implementasi program Industri 4.0.

PG Bombana berhasil menghasilkan produk dengan incumsa di bawah 100 UI dan total Losis di bawah 1,8 pol gula. Dengan kapasitas produksi tersebut, perseroan berharap keberadaan PG Bombana dapat memberikan dampak ekonomi dan nilai tambah sebagai rantai nilai (value chain) yang terintegrasi dengan program pemerintah daerah khususnya dalam rangka memenuhi kuota gula bagi Indonesia bagian timur.

Kiprah Barata Indonesia dalam pembangunan pabrik gula tanah air sepanjang 2020 di antaranya PG Asembagus Situbondo (kapasitas 6000 TCD), PG Rendeng Kudus (kapasitas 4.000 TCD) dan revitalisasi PG Gempolkrep Mojokerto (kapasitas 8.000 TCD) yang saat ini memasuki tahap commisioning. Selain pabrik gula, Barata Indonesia juga memiliki kapabilitas untuk membangun pabrik sagu, bioetanol, dan kelapa sawit.

Barata Indonesia berharap kontribusi perseroan dalam berbagai proyek pabrik gula di tanah air ini dapat meningkatkan nilai tambah yang bisa dihasilkan di dalam negeri. Sehingga mempercepat terwujudnya ketahanan pangan dan swasembada gula serta tercipatanya kemandirian industri manufaktur tanah air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.