Sukses

Begini Resep Gulai Daun Singkong Warisan Soekarno di Tangan Eri Cahyadi

Calon Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengadopsi resep gulai daun singkong warisan presiden pertama RI, Soekarno.

Liputan6.com, Surabaya- Calon Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengadopsi resep gulai daun singkong warisan presiden pertama RI, Soekarno. Ia memasak menu itu dalam kegiatan memasak bersama milenial Surabaya di Klakahrejo, Rabu (21/10/2020).

Resep masakan tersebut mengacu pada Mustika Rasa, buku setebal lebih dari 1.100 halaman yang mendokumentasikan resep ratusan masakan Nusantara. Penyusunan buku yang terbit tahun 1967 itu diinisiasi Presiden Seokarno.

Saat memasak, Eri Cahyadi memadukan daun singkong dan santan dengan beragam bumbu, mulai bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, jahe, hingga daun salam. "Kunyitnya satu ruas. Ini dimasak dengan hati, rasanya pasti enak. Apalagi mengacu ke resep di buku yang penyusunannya diinstruksikan oleh Bung Karno," ujar Eri Cahyadi, seperti yang dikutip dari Antara, Kamis (21/10/2020).

Ia menilai sektor kuliner adalah bagian dari subsektor ekonomi kreatif yang berkembang pesat di Surabaya. Warung-warung rakyat, UMKM, hingga industri rumahan yang bergerak di sektor kuliner terus tumbuh, walaupun sempat melambat karena dampak pandemi Covid-19.

Eri Cahyadi mengatakan kekayaan kuliner tradisional harus selalu diperhatikan, terlebih kuliner ini berbasis kampung, sehingga bisa menyejahterakan warga kampung.

“Kami fasilitasi akses modal, pemasaran hingga ke hotel dan mal, serta pendampingan kualitas produk," kata Eri Cahyadi.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.