VIDEO: Inisiatif Warga di Probolinggo Berbagi Sayur dan Lauk Pauk Gratis Saat Pandemi

VIDEO: Inisiatif Warga di Probolinggo Berbagi Sayur dan Lauk Pauk Gratis Saat Pandemi

Di tengah sulitnya ekonomi, yang dirasakan banyak warga selama pandemi Covid-19, menginspirasi kelompok warga kampung di Probolinggo, Jawa Timur, untuk peduli dengan sesama.

Mereka menyediakan lapak lauk-pauk gratis, bagi warga kurang mampu, atau yang terdampak COVID-19. Setiap warga, bebas berbelanja lauk-pauk yang tersedia, untuk dimasak di rumahnya. Berikut video pemberitaannya pada Liputan6, 21 Oktober 2020.

Seminggu sekali, beberapa warga secara sukarela, menyediakan berbagai lauk-pauk di lapak sederhana, tepi jalan kampung, di Kelurahan Jrebeng Lor, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo. Aneka lauk-pauk seperti tempe, tahu, ayam potong, ikan pindang, hingga paket sayuran sop, bayam, dan kangkung ditata rapi seperti lapak belanjaan pada umumnya.

Yang berbeda, semuanya disediakan gratis untuk warga kampung RT02/RW01, Kelurahan Jrebeng Lor, yang terdampak COVID-19, terutama bagi manula. Karena gratis, lapak belanjaan ini selalu ditunggu warga setiap hari Selasa, dan habis dalam waktu sekejap.

Lapak belanja gratis ini, dirasakan sangat membantu meringankan pengeluaran rumah tangga di tengah sulitnya ekonomi di masa pandemi.

Agar merata, Pengurus RT mengatur pembagian lauk, dan sayur-mayur agar semua yang membutuhkan kebagian. Belanja gratis ini merupakan inisiatif warga, untuk meringankan beban sesama, terutama bagi warga kurang mampu.

"Kebanyakan yang kaya malu juga, ya ada yang kaya juga memberikan beberapa rezekinya," ujar Rusmini, Ketua RW01/RT02.

"Para donatur langsung nyumbang barang, ya mulai dari sayur-mayur, lauk-pauk, ya lain-lain lah," tutur Muhamad Rusdi, Salah Satu Donatur.

Kegiatan ini sudah berlangsung beberapa bulan terakhir. Aksi solidaritas warga Probolinggo ini, patut diapresiasi, dan diharapkan menginspirasi untuk bisa dilakukan di daerah lain, sebagai wujud sikap toleransi dan gotong-royong.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 22 October 2020, 19:51 WIB

Video Terkait

Spotlights