Sukses

Hari Santri Nasional 2020, Surabaya Terpilih Jadi Tempat NU Hub Digital Valley

Salah satu tonggak sejarah saat ini telah dilahirkan oleh para santri dalam menghadapi tantangan era digital dengan menghadirkan ekosistem digital melalui NU Hub Digital.

Liputan6.com, Jakarta - Memperingati Hari Santri Nasional 2020, ormas Nahdlatul Ulama (NU) meluncurkan “NU Hub Digital Valley Surabaya” dan program Gerakan Nasional 1001 Startup Digital NU. Hal ini sebagai upaya meningkatkan peran santri dalam menghadapi tantangan di era globalisasi.

"Peluncuran ini juga untuk memperingati Hari Santri Nasional yang jatuh pada 22 Oktober," tutur  Founder NU Hub Digital Valley Mochammad Ghozali, seperti dikutip dari Antara, ditulis Rabu (21/10/2020).

Dia menuturkan, salah satu tonggak sejarah saat ini telah dilahirkan oleh para santri dalam menghadapi tantangan era digital dengan menghadirkan ekosistem digital melalui NU Hub Digital.

Gus Ghozali, sapaan akrabnya, juga menyampaikan dipilihnya Surabaya sebagai tempat karena untuk menguatkan peran perjuangan para santri dalam kontribusinya dalam memasuki digitalisasi.

"Kota Surabaya menjadi sebuah ikon perjuangan 'Resolusi Jihad' dalam mempertahankan NKRI dari tangan penjajah," tutur dia.

NU Hub Digital Valley juga hadir untuk memberikan kontribusi dalam mendukung peran santri dalam berjejaring sekaligus membentuk ekosistem digital.

"Melalui NU Hub Digital Valley ini, kami berharap agar para santri dapat semakin meningkatkan perannya di tengah arus globalisasi yang mau tidak mau harus kita hadapi," ujar dia.

Para santri, kata dia, dapat memanfaatkan segala fasilitas dari Nu Hub Digital Valley karena juga tersedia Co Working Space, Event Space, Incubators, Startup, Me ntoring hingga Venture Capital.

"Jadi InsyaAllah ini akan sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat dan santri pada khususnya," kata dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Luncurkan Program Gerakan Nasional 1001 Startup Digital NU

Selain itu, momentum peringatan hari santri Oktober ini, pihaknya juga meluncurkan program "Gerakan Nasional 1001 Startup Digital NU".

Gerakan #1001StartupDigitalNU, lanjut dia, merupakan upaya bersama penggerak ekosistem digital bangsa melalui berbagai kegiatan mentorship, workshop, hackathon, incubator bisnis, kantor bersama dan pendanaan melalui venture capital.

"Targetnya adalah menarik talenta terbaik yang membantu terbentuknya ekosistem startup digital," kata Gus Ghozali.

Sementara itu, saat ini di NU Hub Digital Valley telah bergabung beberapa tenant dan digital platform, di antaranya Nusantara Ojek (NUJEK), Aplikasi Muslim NUKU, Himpunan Pengusaha Santri (HIPSI), Al Yasini Mart, Kyai Wahab Foundation, 99startups Venture Capital, KOFIT dan digiprener.com, bergabung juga para start up bidang Pendidikan dan kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.