Sukses

Kunjungi Pesantren Tebuireng, BNPT Ajak Ulama Tangkal Radikalisme

BNPT berupaya menyebarkan semangat ukhuwah Islamiyah kepada generasi muda, sebab merekalah yang akan memimpin bangsa ini ke depan.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengajak ulama ikut menangkal radikalisme dan mengajak masyarakat untuk belajar agama demi negara.

"Kami mengajak para alim ulama untuk mencegah radikalisme dan terorisme dengan menggunakan upaya belajar agama sekaligus mencintai Indonesia," kata Kepala BNPT Irjen Pol Boy Rafly Amar saat berkunjung ke Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Selasa, 20 Oktober 2020.

Menurut ia, BNPT berupaya menyebarkan semangat ukhuwah Islamiyah kepada generasi muda, sebab merekalah yang akan memimpin bangsa ini ke depan. Islam juga mengajarkan demikian, karena Islam rahmatan lil alamin, dilansir dari Antara.

"Kami selalu berusaha menyebarkan ajaran Islam yang rahmatan lil alamin, untuk mengedepankan semangat ukhuwah Islamiah, ukhuwah basariyah, dan ukhuwah wataniyah kepada generasi muda karena kita mengetahui bersama generasi mudalah yang akan memimpin negara Indonesia di masa yang akan datang," kata dia.

Mantan Kapolda Banten itu juga berterima kasih kepada Pesantren Tebuireng Jombang karena sinergitas yang terjaga baik selama ini.

Boy Rafli berharap ke depan antara BNPT dengan Pesantren Tebuireng dapat mengadakan kegiatan guna menanamkan semangat dan nilai-nilai kebangsaan dengan beragama. Pesantren dinilainya sebagai tolok ukur kondisi keumatan, karena kiai yang dianggap sebagai ulama menjadi pusat rujukan umat dalam mencari teladan.

"Untuk itu kami mengajak para alim ulama untuk mencegah radikalisme dan terorisme dengan menggunakan upaya belajar agama sekaligus mencintai Indonesia," kata dia.

Sementara itu, Pengasuh Pesantren Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfudz menyambut baik ajakan BNPT untuk mengupayakan penangkalan radikalisme dan terorisme.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesantren Dukung Deradikalisasi

Gus Kikin, sapaan akrabnya mengungkapkan, pesantren sangat mendukung upaya pemerintah guna menanggulangi terorisme dengan mengajarkan nasionalisme di kalangan santri sebagai generasi umat Islam Indonesia masa depan.

"Kami sangat mendukung upaya itu. Santri itu belajar agama sekaligus mencintai negerinya. Dari dulu pesantren sangat nasionalis dan ikut berjuang memerdekakan negara," kata Gus Kikin.

Acara bertajuk "Silaturahim Kebangsaan BNPT RI bersama Keluarga Besar Pondok Pesantren Tebuireng" digelar di gedung KH M Yusuf Hasyim, Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang.

Acara ini dihadiri oleh beberapa sivitas Pesantren Tebuireng dengan tetap menjaga protokol kesehatan COVID-19. Selain jumlah peserta yang sangat terbatas, seluruh peserta juga diwajibkan memakai masker dan jaga jarak.

Rombongan BNPT juga sempat ziarah ke makam para masyayikh yang telah wafat di area pemakaman Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang. Di makam itu, beberapa tokoh nasional dimakamkan antara lain pendiri Nahdlatul Ulama KH Hasyim Asy'ari, tokoh nasional KH Wahid Hasyim, mantan Presiden KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Pengasuh PP Tebuireng almarhum KH Sholahudin Wahid atau yang akrab disapa Gus Sholah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.