VIDEO: Janji 2 Paslon Peserta Pilkada Surabaya 2020, Bebaskan IMB Tempat Ibadah dan TK

Oleh Agustina Melani pada 17 Okt 2020, 18:05 WIB
Diperbarui 17 Okt 2020, 18:05 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Kedua pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya, terus berupaya memperoleh simpati, dan dukungan warga dengan menyampaikan program unggulannya.

Kali ini, keduanya menjanjikan kemudahan dalam mengurus izin mendirikan bangunan, atau IMB, jika terpilih memimpin Surabaya, lima tahun ke depan.

Di hadapan warga di Kantor Badan Musyawarah Antar Gereja (Bamag) Surabaya, pasangan Cawali-Cawawali Surabaya nomor urut 1, Eri-Armuji, mengajak umat Kristen Surabaya menjaga sinergitas, agar toleransi beragama tetap kokoh.

Cawali yang diusung PDI Perjuangan itu juga ingin meneruskan kebijakan Wali Kota Tri Rismaharini, untuk membebaskan izin pendirian bangunan, IMB rumah ibadah. Berikut diberitakan pada Liputan6, 15 Oktober 2020.

Sementara calon Wakil Wali Kota Surabaya nomor urut 2, Mujiaman juga mengangkat isu perizinan mendirikan bangunan, atau IMB di Surabaya.

"Kita minta doa restu, karena bagi kami kekuatan Tuhan adalah yang nomor 1 dari apapun yang ada di dunia, yang kedua, kami ingin mensinergikan tadi sudah disampaikan bahwa Surabaya ini kota toleransi, bagaimana gereja, masjid, pura, atau apapun tempat beragama, pasti saya yakin ada kegiatan sosialnya, bagaimana kegiatan sosial ini saling melengkapi, sehingga bisa menyentuh seluruh masyarakat Surabaya,” tutur Eri Cahyadi, Calon Wali Kota Surabaya.

Namun, Mujiaman lebih fokus pada upaya kemudahan mengurus IMB gedung TK, sebagai salah satu sarana penting pendidikan anak, sebelum masuk ke pendidikan dasar.

Dirinya juga berjanji akan memberikan bantuan 1 unit komputer untuk satu TK di Surabaya, juga pendampingan dan pelatihan guru TK sebelum mengikuti sertifikasi.

"IGTKI ini ternyata pemerintah telah memberikan persyaratan yang ketat, sebaliknya fasilitasnya masih sangat sulit, tentu ini menjadi tanggung jawab kita, mensertifikasi mereka adalah tanggung jawabnya pemerintah, memberikan IMB kepada mereka yang sudah mau membangun TK, yang sudah mau berjuang menyehatkan jiwanya anak-anak,” papar Mujiaman, Calon Wakil Wali Kota Surabaya.

Berbagai rencana program strategis terus disampaikan kedua pasangan calon untuk menarik simpatik warga Surabaya. Agar bisa memperoleh suara maksimal pada Pilkada 9 Desember mendatang.