VIDEO: Risma Paparkan Program Kampung Tangguh saat Hari Habitat Dunia 2020

VIDEO: Risma Paparkan Program Kampung Tangguh saat Hari Habitat Dunia 2020

Peringatan Hari Habitat Dunia digelar di Surabaya, Jawa Timur pada Senin malam. Peringatan yang diikuti oleh ratusan delegasi, dari berbagai negara dunia melalui UN Habitat, badan di PBB ini, Presiden Jokowi menyampaikan dalam tayangan virtual tentang pentingnya peran perkampungan, dalam mengendalikan pandemi OOVID-19.

Peringatan Hari Habitat Dunia pada Senin malam, sukses digelar secara virtual di Kota Surabaya. Beberapa tokoh seperti, Presiden Indonesia Joko Widodo, Sekjen PBB Antonio Guterres, serta Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, sebagai tuan rumah, ambil bagian dalam menyampaikan pesan melalui tayangan virtual kepada seluruh delegasi UN Habitat, atau Badan PBB yang bergerak di bidang pemukiman dan pembangunan kota berkelanjutan. Berikut video pemberitaannya pada Fokus, 7 Oktober 2020

Dalam amanatnya, Presiden Jokowi menyampaikan agar Peringatan Hari Habitat Dunia ini, dijadikan sebagai momentum untuk berbagi gagasan, bertukar pengetahuan, keahlian, dan pengalaman, serta menjalin kerja sama, dan memperkuat ketangguhan kota dalam menghadapi bencana alam maupun non bencana alam seperti, wabah penyakit, pandemi COVID-19.

"Saya sangat berharap, Peringatan Hari Habitat Dunia 2020 ini, dapat dimanfaatkan untuk saling berbagi gagasan, bertukar pengetahuan, keahlian dan pengalaman, menjalin kerja sama, dan memperkuat kolaborasi, untuk meningkatkan ketangguhan kota menghadapi pandemi dan bencana alam lainnya," pesan Joko Widodo, Presiden RI.

Dalam kesempatan tersebut Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini juga menyampaikan, kekuatan warga kampung dalam penanganan pandemi COVID-19 melalui program kampung tangguh.

"Kalau di daerah lain, kampung-kampung di kota-kota lain di dunia itu makin lama, makin habis, tapi kalau di Surabaya kan kita pertahankan, justru kita perbaiki infrastrukturnya, sehingga mereka meskipun dulunya, awalnya seolah-olah tinggal di daerah kumuh, tapi sekarang mereka seperti tinggal sama dengan kawasan-kawasan lainnya, karena infrastrukturnya yang bagus, sanitasinya bagus," terang Tri Rismaharini, Wali Kota Surabaya.

Peringatan Hari Habitat Dunia di Surabaya yang digelar selama 2 hari pada 5-6 Oktober 2020, akan diisi dengan acara seminar secara virtual, ada 600 delegasi dari berbagai negara dunia yang telah melakukan registrasi.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 08 October 2020, 13:14 WIB

Video Terkait

Spotlights