VIDEO: 13 Kali Beraksi, Polisi di Surabaya Lumpuhkan Residivis Curanmor

VIDEO: 13 Kali Beraksi, Polisi di Surabaya Lumpuhkan Residivis Curanmor

Kedua pelaku pencurian kendaraan bermotor, atau curanmor antar kota yang terekam cctv di Surabaya, Jawa Timur terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas oleh Satreskrim Polrestabes Surabaya.

Dalam aksinya, pelaku sudah 13 kali mencuri sepeda motor. Dari hasil rekaman kamera cctv, dua pelaku curanmor antar kota MK (33), warga Demak, dan MS (24), warga Tambak Mayor Surabaya.

Terlihat lihai saat mencuri kendaraan bermotor di kawasan Manukan Karya Surabaya. Hanya dalam hitungan detik, satu motor berhasil dibawa kabur pelaku. Para pelaku sudah beraksi di 13 TKP di kawasan Sukomanunggal, Tandes, Wiyung Lakarsantri, dan di daerah Sepanjang Sidoarjo.

Kedua pelaku membagi peran sebagai eksekutor dan sebagai joki, sekaligus pemantau situasi. Dalam aksinya, mereka membawa kunci T yang sudah dimodifikasi, sehingga dengan cepat merusak rumah kunci motor.

Selanjutnya hasil kejahatan dijual ke seorang penadah di Madura, Jawa Timur, dengan harga Rp 2 juta hingga Rp 4 juta per unit. Pelaku terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas oleh polisi, karena berusaha melawan dan mencoba kabur saat ditangkap. Berikut seperti diberitakan pada Liputan6, 29 September 2020.

"Modus operandi yang dilakukan oleh tersangka, selalu melakukan aksinya berdua, yang mana peranannya adalah, utk MSH adalah selaku eksekutor, dan untuk MSK sendiri adalah pelaku joki, yangmana MSK yang pelaku eksekutor merupakan residivis 2 kali dilakukan penahanan yaitu di Polsek Sawahan dan di Polsek Asemrowo dengan perkara yang sama yaitu curanmor," ujar Kompol Wahyudin Latif, Wakasat Reskrim Polrestabes Surabaya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku residivis kasus curanmor ini dijerat dengan Pasal 363 KUHP, ancaman hukuman pidana 7 tahun penjara.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 30 September 2020, 17:30 WIB

Video Terkait

Spotlights