Sukses

6 Oleh-Oleh Khas Lamongan yang Melegenda, Jadi Buah Tangan Lezat

Lamongan punya oleh-oleh dengan cita rasa khas.

Liputan6.com, Jakarta Oleh-oleh khas Lamongan bisa jadi buah tangan saat singgah di kabupaten ini. Terletak 50 km di sebelah barat Kota Surabaya, Lamongan termasuk daerah wisata dengan beragam destinasi. Lamongan juga merupakan salah satu wilayah yang masuk dalam kawasan metropolitan Surabaya, yaitu Gerbangkertosusila.

Ada banyak jenis oleh-oleh khas Lamongan yang bisa dibawa pulang. Oleh-oleh khas Lamongan didominasi oleh camilan tradisional yang begitu melegenda. Oleh-oleh khas Lamongan ini punya beragam cita rasa mulai dari manis sampai gurih.

Oleh-oleh khas Lamongan sudah jadi andalan masyarakat sekitar kala harus membawa buah tangan. Berikut 6 oleh-oleh khas Lamongan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(28/9/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Wingko babat

Wingko babat terkenal sebagai jajanan khas Semarang. Namun, sebenarnya makanan satu ini berasal dari Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Babat adalah titik persimpangan Bojonegoro, Jombang, Tuban, dan Surabaya.

Wingko babat terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan kelapa parut muda dan gula pasir. Wingko biasanya berbentuk bundar biasa disajikan dalam keadaan hangat dan dipotong kecil-kecil. Wingko babat punya tekstur yang kenyal dan halus. Camilan ini punya rasa manis yang legit. Wingko babat yang terkenal di Lamongan adalah Wingko Babat Loe Lan Ing.

3 dari 7 halaman

Marning

Lamongan juga terkenal dengan camilan marning atau empeng. Marning terbuat dari jagung yang dikeringkan, kemudian digoreng hingga kering. Marning bisa jadi pilihan oleh-oleh yang awet dan disukai banyak orang.

Marning khas Lamongan punya rasa yang renyah dan gurih. Marning juga sangat mudah ditemukan di Lamongan. Hampir di tiap pusat oleh-oleh, kamu bisa menemukan camilan nikmat satu ini.

4 dari 7 halaman

Keripik Sunduk

Keripik Sunduk terbuat dari ikan sunduk. jenis ikan yang sering ditemui di perairan Lamongan. Ikan sunduk memiliki bentuk mirip ikan tenggiri atau kakap. Keripik Sunduk merupakan olahan seafood andalan di Lamongan.

Keripik Sunduk relatif murah dan dapat ditemukan dengan mudah di toko oleh-oleh atau pasar. Keripik ini tahan lama dan cocok dijadikan oleh-oleh untuk sanak saudara.

5 dari 7 halaman

Gula Merah Siwalan

Lamongan juga terkenal dengan produksi gula merahnya. Gula merah ini dikenal dengan Gula Merah Siwalan. Gula ini terbuat dari sadapan air mayang atau nira. Air sadapan ini dicampur dengan gula pasir dan memiliki warna cokelat cerah yang cantuk.

Gula Merah Siwalan sering jadi pilihan oleh-oleh. Gula ini bisa ditemukan dengan mudah di pasar tradisional atau pusat oleh-oleh Kota Lamongan. Harganya pun cukup terjangkau, mulai dari Rp 20 ribu per kilogramnya.

6 dari 7 halaman

Jumbrek

Jumbrek merupakan jajanan tradisional khas Lamongan. Jajanan ini terbuat dari tepung beras, gula jawa, dan santan. Jambrek berbentuk kerucut yang dibungkus oleh daun siwalan.

Bentuknya yang unik dan rasanya yang gurih manis, menjadikan makanan ini sebagai favorit banyak orang. Jambrek bisa dijadikan oleh-oleh yang otentik dari Lamongan.

7 dari 7 halaman

Rempeyek Cinta Rasa

Oleh-oleh khas Lamongan yang terkenal lainnya adalah rempeyek cinta rasa. Rempeyek ini jadi rempeyek khas Lamongan yang banyak diburu wisatawan sebagai oleh-oleh. Rempeyek cinta rasa dari Lamongan memiliki ciri rasa khas yang tidak bisa kamu temukan di kota lainnya. Rempeyek Cinta Rasa bisa didapatkan dengan harga terjangkau mulai dari Rp 12.500.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.