VIDEO: Atasi Kekeringan di Pacitan, Warga Pakai Sumur Bor Bertenaga Surya

VIDEO: Atasi Kekeringan di Pacitan, Warga Pakai Sumur Bor Bertenaga Surya

Mengatasi kekeringan yang terus meluas, warga di Pacitan, Jawa Timur, membuat inovasi baru. Yaitu membuat instalasi pompa air menggunakan tenaga surya. Meski air yang dikeluarkan kecil, tetapi upaya ini dapat meminimalkan kesulitan air bersih.

Berlokasi di sebuah ladang Desa Sambong, Kecamatan Pacitan, tokoh warga berupaya keras untuk bisa memanfaatkan sumur pompa dalam, atau sumur bor, bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, yang sudah lama tidak digunakan.

Yaitu berinovasi dengan memasang pompa submersible, dengan menggunakan tenaga surya. Gagasan ini dilakukan setelah kemarau panjang terjadi. Sebagian wilayah terdampak kekeringan. Bahkan warga kesulitan air bersih. Berikut video pemberitaannya pada Fokus, 25 September 2020.

Ide ini digagas oleh seorang warga setempat. Dimana mereka memasang sel surya, menggunakan pv panel. Sehingga bisa menghasilkan energi listrik, meski di daerah yang tidak terjangkau oleh jaringan listrik konvensional. Meski air yang dikeluarkan kecil, tetapi upaya ini dapat meminimalkan kesulitan air bersih.

"Sumur bor sejak 2007 itu hitungannya proyek gagal, enggak jadi airnya ndak keluar, sekarang sudah ada yang membuka lagi untuk proyek ini, Alhamdulilah untuk pengairan yang selalu terdampak kekeringan di daerah sini, Insya Allah bisa terbantu dengan sumur ini, dengan sudah ada panel listrik, sehingga tidak merugikan atau membebani masyarakat yang lain sehingga langsung menikmati air yang ada di sini," ujar Dedek Arisman, Tokoh Masyarakat Desa Sambong.

Diharapkan, gagasan ini mampu menjadi solusi atas kurangnya pasokan air bersih di Pacitan sehingga, warga tidak lagi kebingungan mencari air di saat musim kemarau.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 27 September 2020, 19:29 WIB

Video Terkait

Spotlights