Sukses

Wisuda Daring, Rektor Unair Ingatkan Lulusan Harus Percaya Diri

Rektor Universitas Airlangga Prof Dr Mohammad Nasih mewisuda sebanyak 1.353 lulusan pada Sabtu, 19 September 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Rektor Universitas Airlangga (Unair) Prof Dr Mohammad Nasih mewisuda sebanyak 1.353 lulusan dari jenjang diploma (D3-D4), sarjana (SI), dan doktor (S3) pada hari pertama pelaksanaan wisuda periode September 2020.

Berbeda dengan sebelumnya, prosesi wisuda online yang berlangsung pada Sabtu, (19/9/2020) kali ini dibagi dalam dua sesi.

Saat mewisuda, Rektor Unair Prof Nasih menyampaikan sejumlah pesan kepada para wisudawan. Ia menekankan, para lulusan harus memiliki sikap percaya diri yang tinggi.

Prof Nasih mengatakan, perjalanan hidup akan sangat berbeda dengan kehidupan kuliah. Sebab selain tidak dapat diprediksi, persaingan akan sangat luas dan ketat. Untuk bisa bertahan dan menang, menurut dia perlu modal yang sangkat kuat. Sedangkan modal intelektual saja tidak cukup.

"Tanpa kepercayaan diri yang kuat, pintu kesuksesan akan sulit dibuka. Jangankan bersaing, sebelum perang Anda bisa dinyatakan pecundang," ujar dia, seperti dikutip dari keterangan tertulis.

Di sisi lain, menurut Prof Nasih, para wisudawan sudah layak disebut sebagai orang-orang hebat. Sebab, untuk sampai pada titik ini, para wisudawan harus memenuhi persyaratan menjadi orang-orang hebat yang excellence dengan moralitas yang sangattinggi.

"Anda harus tampil dengan penuh percaya diri agar sanggup bersaing di kancah nasional maupun internasional. Sebab kepercayaan diri adalah modal yang sangat kuat dan menjadi kunci untuk membuka keberhasilan pada masa yang akan datang," ujar dia.

Sementara itu, para wisudawan patut merasa bangga. Sebagai lulusan Universitas Airlangga, tutur Prof Nasih, banyak hal yang dapatditonjolkan terus-menerus.

Salah satunya adalah berbagai macam prestasi yang sudah ditorehkan Unair. Dalam pemeringkatan nasional yang dilakukan oleh Kemendikbud, Universitas Airlangga (Unair) berada di posisi empat terbaik di Indonesia. Selain itu, Universitas Airlangga termasuk dalam 20 perguruan tinggi terbaik se-Asia Tenggara.

Sementara di tingkat dunia, Universitas Airlangga telah berhasil masuk dalam jajaran 521-530 perguruan tinggi terbaik.

"Ini adalah posisi yang mudah-mudahan bisa menambah kepercayaan diri Anda semua.Kami ingin memompa semangat Anda untuk menjadi orang yang terbaik dan hebat," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesan Rektor Unair Prof Nasih

Meski demikian, Prof Nasih berpesan agar para wisudawan selalu menjaga nama baik Universitas Airlangga. Berprestasi setinggi-tingginya dan berperilaku dengan berpegang teguh pada etika dan moralitas.

"Selalu junjung tinggi excellence with morality. Selamat wisuda, selamat berjuang di kampus kehidupan yang pasti akan jauh lebih ketat persaingannya," ucapnya.

Meski wisuda dilaksanakan secara daring, Prof Nasih menuturkan, wisudawan harus senantiasa bersyukur atas momen bersejarah yang telah dinantikan bertahun-tahun itu. Dia berharap pandemi COVID-19 tidak mengurangi suasana khidmat prosesi wisuda.

"Meskipun mungkin suasananya tidakseindah yang kita bayangkan empat atau lima tahun yang lalu, ini adalah karunia yang sangat luarbiasa sehingga kita patut bersyukur," kata dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.