Bapaslon Machfud-Mujiaman Jalani Tes Usap PCR COVID-19 di RSUD Dr Soetomo

Oleh Dian Kurniawan pada 17 Sep 2020, 17:21 WIB
Diperbarui 17 Sep 2020, 17:21 WIB
(Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Perbesar
Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya, Machfud Arifin-Mujiaman (MAJU). (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Liputan6.com, Surabaya - Pasangan bakal calon wali dan wakil wali Kota Surabaya, Machfud Arifin-Mujiaman Sukirno menjalani tes swab atau tes usap PCR COVID-19 pukul 08.00 WIB di Graha Amerta RSUD dr. Soetomo, Kamis (17/9/2020). 

Bacawawali Surabaya Mujiaman mengaku kalau dirinya dan Machfud dalam keadaan prima ketika melakukan tes usap PCR COVID-19. Kini keduanya tinggal menunggu hasil tes usap PCR COVID-19. 

"Tadi tes kesehatan tahap pertama (tes swab). Kemudian dilanjutkan dengan konsolidasi dengan Pak MA (Machfud Arifin) bersama tim di Graha Amerta," ujar dia.

Mengenai hasil tes usap PCR COVID-19, lanjut Mujiaman, pihaknya tidak mengetahui persis waktu keluarnya. Namun, menurut dia, hasil itu baru dapat diketaui nanti malam. 

"Kalau keluarnya negatif itu langsung besok kita lakukan tes lanjutan. Kalau hasilnya positif sesuai SOP tambah 3 hari isolasi tanpa tes lagi langsung tes kesehatan," ujar dia.

Mujiaman juga membeberkan kondisi Machfud yang hadir dalam tes usap PCR COVID-19 bersama dirinya. Dia mengatakan kalau mantan Kapolda Jawa Timur (Jatim) itu dalam keadaan sehat. Mantan Dirut PDAM Kota Surabaya ini berharap hasil tes usap Machfud kali ini negatif COVID-19. 

"Beliau ikut swab kondisinya sehat wal afiat semoga hasilnya juga baik negatif corona kalau lihat prosedurnya dan hasil-hasil yang sebelumnya harusnya beliau juga negatif begitu," ucap dia.

2 dari 3 halaman

Tiga Tahap

Pasangan calon wali dan wakil wali kota Surabaya, Machfud Arifin-Mujiaman.
Perbesar
Pasangan calon wali dan wakil wali kota Surabaya, Machfud Arifin-Mujiaman. (Liputan6.com/ Dian Kurniawan)

Mujiaman mengatakan, tes kesehatan ulang dibagi menjadi tiga tahap. Pada tahap pertama hanya tes usap COVID-19. Apabila hasil tes negatif COVID-19, dilanjutkan ke tahap kedua pada hari berikutnya yakni tes psikologi dan psikiater. Kemudian masih ada tahap ketiga yakni tes kondisi kesehatan fisik secara keseluruhan.

"Hari pertama ini utamanya cuma swab test. Saya sudah tes berulang-ulang tapi aturannya begitu. Saya pernah positif kemudian negatif. Saya sudah 4-5 kali tes, mudah-mudahann hasilnya sama tetep negatif," kata dia.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓