Sukses

Beri Dukungan Moral, Unesa Silaturahmi ke Rumah Peserta Ospek Daring

Silaturahmi ini menjadi cara Unesa untuk membangun keteduhan serta memberi dukungan moral.

Liputan6.com, Surabaya - Universitas Negeri Surabaya (Unesa) bersilaturahmi ke rumah mahasiswa baru yang mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) secara online. Hal ini dilakukan usai video ospek daring viral di media sosial.

"Rombongan dipimpin oleh Pimpinan Fakultas, Dosen Pembimbing Kemahasiswaan dan Panitia PKKMB dari Badan Eksekutif Mahasiswa FIP bersilaturahmi ke rumah mahasiswa baru yang berlokasi di Nganjuk. Mahasiswa baru tersebut, yang terdapat di video viral kemarin," ujar Kepala Humas Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Vinda Maya Setianingrum , Rabu (16/9/2020). 

Vinda mengatakan, silaturahmi ini menjadi cara Unesa untuk membangun keteduhan serta memberi dukungan moral.

"Selain bagian dari konseling, pertemuan hari ini diharapkan dapat membangun silaturahmi dan memberikan dukungan moral secara langsung sebagai satu keluarga," ucapnya. 

Pertemuan berlangsung dalam suasana hangat. Keluarga menerima kunjungan dengan tangan terbuka dan berharap kejadian serupa tak terulang.

"Tadi panitia juga sudah meminta maaf kepada anaknya dan keluarga. Saya kira kejadian ini menjadi pukulan untuk kami semua. Kami berharap dengan suasana kekeluargaan ini semua saling menguatkan menghadapi tekanan yang dihadapi" ungkapnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bagian Penting dalam Konseling

Vinda mengatakan, silaturahmi menjadi bagian penting dalam konseling. Dia menuturkan, langkah ini diambil untuk memastikan mental para mahasiswa telah siap menghadapi perkuliahan yang sudah dimulai.

"Fokus kami saat ini selain menyelesaikan masalah ini secara kekeluargaan juga memastikan mental mereka tidak drop karena saat ini perkuliahan sudah berlangsung," ujar dia. 

Setelah video PKKMB FIP viral di media sosial beberapa hari setelah acara selesai, komdis dan mahasiswa baru mendapat tekanan hebat dari berbagai lini di nomor pribadi dan akun media sosial. 

Untuk itu Unesa menugaskan tim crisis center dari jurusan psikologi untuk memberikan konseling kepada semua mahasiswa yang terdampak. 

Sebelumnya video ospek daring oleh salah satu fakultas di unesa viral di media sosial dan layanan percakapan pada Selasa, 15 September 2020. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.