Sukses

Puskesmas Pajarakan Probolinggo Tutup Sementara Usai Tenaga Kesehatan Terpapar COVID-19

Semua pelayanan Puskesmas Pajarakan Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur ditutup sementara kecuali pelayanan rawat jalan.

Liputan6.com, Jakarta - Puskesmas Pajarakan Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, menutup semua pelayanan untuk sementara waktu selama sepekan sejak Jumat, 11 September 2020.

Hal ini karena ada tenaga kesehatan di puskesmas setempat yang terinfeksi COVID-19. "Penutupan ini untuk menjaga keamanan dan kenyamanan bersama sehingga perlu sterilisasi dan disinfeksi sehubungan dengan adanya tenaga kesehatan yang terkonfirmasi positif COVID-19," ujar Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica di Probolinggo, Sabtu, 12 September 2020 seperti dikutip dari Antara.

Dia menuturkan, semua pelayanan ditutup kecuali pelayanan rawat jalan dan penutupan akan dilakukan selama seminggu ke depan sehingga pelayanan UGD, rawat inap, dan persalinan di Puskesmas Pajarakan dialihkan ke puskesmas terdekat.

"Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo telah melakukan upaya pelacakan secara luas dan mendalam serta pemeriksaan tes usap kepada seluruh karyawan di Puskesmas Pajarakan yang berjumlah 60 orang," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perkembangan Data COVID-19 di Probolinggo

Ia menuturkan, pelacakan dan pemeriksaan tes usap PCR COVID-19 juga terhadap kontak erat keluarga dari tenaga kesehatan positif tersebut. Setelah semua hasil tes usap dari karyawan Puskesmas Pajarakan dinyatakan negatif, pelayanan akan dibuka kembali.

"Tenaga kesehatan yang positif COVID-19 itu diduga tertular dari keluarganya yang sebelumnya terkonfirmasi positif saat ini dalam keadaan sehat," ujar dia.

Tenaga kesehatan di Puskesmas Pajarakan yang positif terpapar COVID-19 sudah diisolasi di rumah sehat karena termasuk orang terkonfirmasi asimtomatis (tanpa gejala).

Berdasarkan data Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo hingga Sabtu malam tercatat jumlah pasien yang terkonfirmasi positif sebanyak 629 orang dengan keterangan 138 warga masih dirawat dan menjalani isolasi, sebanyak 459 kasus sembuh, dan 32 kasus meninggal dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.