Sukses

KPU: Dua Bakal Paslon Pilkada Gresik Dinyatakan Negatif COVID-19

KPU akan verifikasi terhadap berkas pendaftaran masing-masing bakal paslon sebelum rapat pleno penetapan peserta Pilkada Gresik pada 23 September 2020

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gresik, Jawa Timur menuturkan, berdasarkan hasil tes usap PCR COVID-19 dua bakal pasangan calon peserta Pilkada 2020 di RSUD Dr Soetomo Surabaya dinyatakan negatif COVID-19.

Oleh karena itu, KPU Gresik melanjutkan tahapan pemeriksaan kesehatan peserta pilkada tersebut. Ketua KPU Kabupaten Gresik Akhmad Roni menuturkan, hasil tes usap pasangan dengan akronim QA (Qosim-Alif) dan Fandi Akhmad Yani-Aminatun Habibah (Niat) dinyatakan negatif COVID-19, sehingga mereka bisa melanjutkan tahapan pemeriksaan kesehatan lainnya yang berlangsung hingga Rabu malam.

"Jadi, memang ada dua kali tes kesehatan. Setelah swab test-nya dinyatakan negatif, selanjutnya kedua bakal paslon menjalani tes kesehatan tahapan berikutnya, termasuk tes kesehatan jantung, paru-paru, dan psikologi," ujar Roni, seperti dikutip dari Antara, ditulis Kamis (10/9/2020).

Setelah itu, kata Roni, KPU akan verifikasi terhadap berkas pendaftaran masing-masing bakal paslon sebelum rapat pleno penetapan peserta Pilkada Gresik pada 23 September 2020.  “Untuk syarat administrasi kedua paslon sudah lengkap,” lanjutnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rangkaian Tes Kesehatan

Sementara itu, Ketua Tim Pemenangan QA, Imron Rosyadi, menuturkan setelah menjalani tes usap di Graha Amerta RSUD dr Soetomo Surabaya dan diketahui hasilnya negatif COVID-19, pasangan QA optimistis bisa menjalani rangkaian tes kesehatan secara menyeluruh.

"Tes kesehatan itu merupakan syarat mutlak yang harus dijalani usai mendaftarkan diri sebagai calon peserta Pilkada Gresik 2020,” kata Imron Rosyadi.

Dikonfirmasi terpisah, bakal Cabup Fandi Ahmad Yani atau akrab dipanggil Gus Yani menyatakan bersyukur proses pemeriksaan tes usap berjalan lancar dan hasilnya negatif COVID-19. "Doakan untuk tahapan-tahapan selanjutnya bisa terus lancar dan tidak ada kendala,” ujar Gus Yani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.