Sukses

KPU Lamongan Terima Pendaftaran 3 Paslon untuk Pilkada 2020

Ketua KPU Lamongan Mahrus menuturkan, setelah proses verifikasi agenda selanjutnya adalah perbaikan berkas.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lamongan menerima pendaftaran tiga bakal pasangan calon (bapaslon). Hal ini setelah pada pendaftaran terakhir Minggu, 6 September 2020, pasangan Yuhronur Efendi - KH Abdul Rouf (YesBro) menyerahkan berkas pendaftarannya di Kantor KPU setempat.

Ketua KPU Lamongan Mahrus menuturkan, pendaftaran YesBro dilakukan pada Minggu sekitar pukul 10.40 WIB, dan berkasnya telah dinyatakan lengkap.

"Setelah melalui pemeriksaan awal, berkas tiga bapaslon dinyatakan lengkap, dan kami akan melakukan tahapan berikutnya, yakni verifikasi berkas yang dilakukan hari ini hingga tanggal 12 September 2020," ujar dia, seperti dikutip dari Antara, ditulis Senin (7/9/2020).

Mahrus menuturkan, setelah proses verifikasi agenda selanjutnya adalah perbaikan berkas. Hal itu dilakukan pada 14-16 September 2020 apabila ada berkas bapaslon yang kurang sempurna.

"Apabila ada berkas yang belum lengkap seperti legalisir surat, kami akan menunggu untuk agenda perbaikan berkas tanggal 14-16 September 2020," ujar dia di Lamongan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemeriksaan Kesehatan

Agenda terdekat, kata Mahrus, pemeriksaan kesehatan tiga bapaslon yang dilakukan di RSUD Dr Soetomo Surabaya pada 8-9 September 2020, meliputi pemeriksaan kesehatan dan swab atau tes usap PCR.

Ketika ditanya apabila salah satu bapaslon hasil swabnya positif, Mahrus menjelaskan, akan menyerahkan pada mekanisme protokol kesehatan, seperti wajib menjalani isolasi mandiri dan pemeriksaan lanjutan.

"Kami sejak awal berkomitmen akan mengikuti protokol kesehatan dalam pelaksanaan pilkada ini, sehingga diharapkan tidak muncul klaster baru di Pilkada Lamongan," ujar dia.

Sementara untuk jadwal penetapan bapaslon menjadi paslon di Pilkada Lamongan akan dilakukan pada 23 September 2020, disusul pengundian nomor urut calon 24 September 2020.

Tiga bapaslon Pilkada Lamongan yang sudah mendaftar masing-masing pasangan perseorangan Handoyo dan Suudin, kemudian Kartika Hidayati-Saim (KarSa) diusung PKB dan PDI Perjuangan, serta Yuhronur Efendi - KH Abdul Rouf (YesBro) diusung PPP, PAN, Demokrat, Golkar, Hanura, Perindo, dan Gerindra serta PKS.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.