Sukses

ITS Terima 6.619 Mahasiswa Baru dari Lima Jalur

Total ada 280 orang dari jalur IUP tahap ketiga dan 894 orang dari Program Vokasi Jalur Reguler dan Mandiri yang dinyatakan lolos ke ITS.

Liputan6.com, Jakarta - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) telah menerima 6.619 mahasiswa baru dari lima jalur yang disediakan.

Rincian penerimaan mahasiswa baru itu antara lain dari  Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebanyak 988 orang, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 1.616 orang, Seleksi Kemitraan Mandiri (SKM) 2.560 orang, IUP 392 orang, dan vokasi 1.063 orang.

Adapun hasil seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur Kelas Internasional atau International Undergraduate Program (IUP) tahap ketiga dan Vokasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) telah resmi diumumkan, Jumat, 4 September 2020 pukul 10.00 WIB untuk IUP dan 15.00 WIB untuk vokasi.

Total ada 280 orang dari jalur IUP tahap ketiga dan 894 orang dari Program Vokasi Jalur Reguler dan Mandiri yang dinyatakan lolos ke ITS.

Kepala Subdirektorat Admisi Direktorat Pendidikan ITS Unggul Wasiwitono ST MEng Sc mengatakan, untuk jalur IUP ini ITS secara keseluruhan menerima total 392 mahasiswa baru dari 436 pendaftar. Jalur IUP ini sendiri membuka tiga gelombang (tahap) pendaftaran.

"Gelombang satu menerima 40 orang, gelombang dua 72 orang dan gelombang tiga 280 orang," ujar dia, seperti dikutip dari laman ITS, Sabtu (5/9/2020).

Unggul menambahkan, pada jalur IUP terdapat tiga jurusan yang paling diminati dan menerima mahasiswa baru terbanyak, yakni Departemen Teknik dan Sistem Industri dengan 50 orang yang diterima, Departemen Teknik Informatika sejumlah 42 orang, dan Departemen Teknik Sipil sebanyak 38 orang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jalur Vokasi

Selanjutnya, untuk jalur vokasi, Unggul menuturkan, total yang diterima pada jalur ini sejumlah 1.063 orang. Jalur Vokasi pada 2020 menerima total 4.694 pendaftar dari delapan program studi sarjana terapan yang dibuka.

"Untuk jalur vokasi ini ITS hanya menerima mahasiswa program studi sarjana terapan (D-4) sejak tahun 2019 lalu," tutur dia.

Unggul menambahkan, hasil seleksi kemarin, Program Vokasi Jalur Reguler dan Mandiri menerima 894 orang. Sebelumnya pada 9 Juni 2020 jalur vokasi sudah mengumumkan 169 orang yang lolos dari Program vokasi jalur prestasi.

"Di jalur ini terbagi dalam dua kelompok yakni Kelompok Prestasi SMK dan Kelompok Prestasi SMA/MA," tutur dia.

 

3 dari 3 halaman

Jurusan Favorit

Unggul mengutarakan, pada 2020, terdapat tiga jurusan favorit pendaftar yakni Prodi Statistika Bisnis dengan 883 pendaftar, Prodi Teknik Sipil (Teknologi Rekayasa Pengelolaan dan Pemeliharaan Bangunan Sipil) sebanyak 756 pendaftar, dan Prodi Rekayasa Teknologi Instrumentasi dengan 746 pendaftar.

Sedangkan penerima mahasiswa baru terbanyak ada pada Prodi Statistika Bisnis sebanyak 142 orang, Prodi Rekayasa Teknologi Instrumentasi sejumlah 135 orang, dan Prodi Teknik Sipil (Teknologi Rekayasa Pengelolaan dan Pemeliharaan Bangunan Sipil) dengan 94 orang.

"Untuk total masing-masing prodi di jalur Vokasi ini ITS memberi tambahan kuota 30 persen dari daya tampung yang sudah diberikan, mengingat banyaknya pendaftar jalur Vokasi ini," ungkapnya.

Unggul berharap, semua mahasiswa baru yang diterima di ITS mampu memanfaatkan dengan maksimal kesempatan untuk berkuliah di Kampus Pahlawan ini.

"Harapannya, pendaftar yang diterima di ITS dari semua jalur yang telah disediakan bisa belajar dengan baik di ITS dan menyelesaikan program studi yang dipilih tepat waktu," pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.