Sukses

Sekdaprov Sebut Penunjukan Pj Bupati Sidoarjo Tak Sampai Sebulan

Saat ini Sekda Sidoarjo Achmad Zaini ditunjuk sebagai Pelaksana Harian Bupati Sidoarjo

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Heru Tjahjono menyatakan harus ada penjabat (Pj) Bupati Sidoarjo dalam sebulan ini. Hal ini agar tidak ada kekosongan kepemimpinan yang cukup lama.

"Dalam waktu sebulan ini harus sudah ada Pj (penjabat) bupati Sidoarjo," tutur dia, seperti dikutip dari Antara.

Di Sidoarjo, saat ini terjadi kekosongan kepemimpinan dan kinerja pemerintahan dipimpin sementara oleh sekretaris kabupaten setempat, Achmad Zaini, yang ditugaskan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa sebagai Pelaksana Harian (Plh).

Kewenangan Achmad Zaini sebagai Plh Bupati Sidoarjo di pemerintahan memiliki sejumlah keterbatasan, salah satunya tidak bisa turut aktif dalam penetapan perubahan APBD kabupaten setempat tahun 2020.

Penunjukan Achmad Zaini tertuang dalam Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor: 131/775/011/2/2020 tentang Penunjukan Pelaksana Harian Bupati Sidoarjo.

Achmad Zaini ditunjuk dalam jabatan itu setelah wafatnya Pelaksana Tugas Bupati Nur Ahmad Syaifuddin atau Cak Nur pada Sabtu, 22 Agustus 2020 karena terinfeksi COVID-19.

Cak Nur menjabat sebagai Pelaksana Tugas Bupati Sidoarjo awal 2020 menggantikan posisi Bupati Saiful IIlah yang ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akibat kasus suap terkait dengan pengadaan proyek infrastruktur di Dinas PUPR setempat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemprov Jatim Proses Pengangkatan Penjabat Bupati ke Kemendagri

Usai menunjuk Plh Bupati Sidoarjo, Pemprov Jatim saat ini memproses pengangkatan penjabat bupati Sidoarjo ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Ibu Gubernur telah menunjuk Plh setelah wafatnya Plt Bupati Sidoarjo. Namun, Plh ada batasan waktunya hanya sebulan," ucap Heru Tjahjono.

Proses selanjutnya, kata dia, pengajuan untuk penjabat bupati dengan menyodorkan tiga nama calon yang nantinya dipilih Kemendagri dan ditindaklanjuti oleh Gubernur Khofifah.

"Kemendagri tentu akan berkonsultasi dengan gubernur dan sekarang kami masih menunggu putusan pusat," tutur mantan Bupati Tulungagung dua periode tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.