VIDEO: Seorang Warga di Madiun Tutup Usia karena COVID-19

VIDEO: Seorang Warga di Madiun Tutup Usia karena COVID-19

Petugas berpakaian APD lengkap memakamkan jenazah KS, pasien positif Covid-19, di pemakaman umum Kabupaten Madiun, Jawa Timur, pada Kamis pagi dengan menerapkan protokol pencegahan Covid-19.

KS yang bekerja sebagai Kepala Sekolah Dasar, Kabupaten Madiun meninggal saat menjalani perawatan sekaligus isolasi di RSUD dr Soedono Madiun. KS dirawat sejak 25 Juli 2020, setelah hasil swab menunjukkan dirinya terpapar Covid-19.

Ada dugaan, KS tertular dari warga yang datang ke rumah ketika takziyah suaminya yang meninggal pada Juli 2020. Apalagi sebelumnya di desa ini sudah ada dua warga meninggal, karena Covid-19, yaitu ST berumur 78 tahun, serta MP berusia 75 tahun. Berikut seperti diberitakan pada Liputan6, (15/8/2020).

"Setelah 3 hari suaminya meninggal, itu kan banyak petakziyah yang datang, terus apa itu, merasa tidak enak badan ketika setelah 3 hari, terus ada keluhan merasa ndak enak badan meriang terus pingsan juga dibawa ke rumah sakit akhirnya terpapar covid corona," ujar Bekti Ari Wibowo, Kepala Desa.

Karena positif, Dinas Kesehatan tracing (pelacakan serta rapid test atau tes cepat kepada keluarga dan warga yang pernah bersentuhan langsung. Hasilnya, tiga anggota keluarga KS, yaitu anak dan menantunya positif Covid-19 berdasarkan hasil swab atau tes usap.

"Kita sudah melaksanakan terkait dengan rapid test untuk yang di Desa sudah kita laksanakan 2 kali tapi memang ada hasilnya yang reaktif , dari kontak-kontak yang ada ini, dari keluarga yang meninggal kita laksanakan terkait dengan swab, dan ternyata dari swab ini hasilnya positif dan dilakukan karantina," kata Agung Triwidodo, Sekretaris Dinkes Madiun.

Untuk memutus mata rantai penyeberan COVID-19, BPBD Kabupaten Madiun langsung menyemprot disinfektan di sekitar rumah KS, serta membagikan masker sekaligus hand sanitizer kepada warga.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 17 August 2020, 22:51 WIB

Video Terkait

Spotlights