Sukses

Tujuh Kecamatan di Pasuruan Kekeringan Akibat Musim Kemarau, Mana Saja?

Tujuh kecamatan itu masing-masing Kecamatan Lumbang, Winongan, Pasrepan, Lekok, Gempol, Grati, dan Kejayan.

Liputan6.com, Surabaya- Sebanyak tujuh kecamatan di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, mengalami kekeringan sehingga membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan menyalurkan bantuan air bersih melalui mobil tangki.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pasuruan Tectona Jati di Pasuruan mengatakan tujuh kecamatan itu masing-masing Kecamatan Lumbang, Winongan, Pasrepan, Lekok, Gempol, Grati, dan Kejayan, Selasa, 11 Agustus 2020.

"Kalau jumlah kepala keluarga yang terdampak kami masih belum mendata pasti. Namun yang jelas terdapat 21 desa yang tersebar di tujuh kecamatan itu," katanya.

Ia mengatakan, terkait dengan kejadian kekeringan itu, BPBD Pasuruan melakukan beberapa langkah seperti melaksanakan distribusi air bersih dengan menggunakan APBD Kabupaten Pasuruan, dilansir dari Antara.

"Kami juga melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur terkait dengan bantuan air bersih yang saat ini masih belum tercover oleh APBD Kabupaten Pasuruan," urainya.

Kemudian, kata dia, pihaknya juga mendorong kepada pihak swasta melalui dana corporate social responsibility (CSR) untuk membantu air bersih ke desa yang mengalami kekeringan.

"Pengiriman bantuan air bersih tidak hanya dilakukan pada pagi dan siang hari, karena pada malam hari kami juga melakukan pengiriman distribusi air bersih kepada masyarakat yang mengalami kekeringan," ujarnya di Pasuruan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.