VIDEO: Masjid Al-Akbar Terapkan Protokol Kesehatan Ketat saat Salat Iduladha

Oleh Agustina Melani pada 02 Agu 2020, 10:07 WIB
Diperbarui 02 Agu 2020, 10:07 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Satu demi satu dari 5.000 jemaah yang terdaftar mengikuti salat Iduladhadi Masjid Nasional Al-Akbar, sudah berdatangan.

Tidak hanya mengenakan tanda pengenal yang diterbitkan pengurus masjid, para jemaah juga wajib membawa sajadah, mengenakan masker dan menjalani pemeriksaan suhu badan, sebagai bagian dari penerapan protokol kesehatan. Mereka kemudian memasuki masjid menuju tempat dan shaf yang sudah ditandai untuk menjaga jarak selama pelaksanaan.

Meski mampu menampung hingga 40.000 jamaah, kali ini pengurus masjid membatasi jumlah jemaah menjadi hanya 5.000 untuk menghindari potensi penularan Covid-19. Menerapkan protokol kesehatan dipuji Gubernur Khofifah Indar Parawansa yang turut hadir dalam salat id di Masjid Al-Akbar.

Sedang pemotongan hewan kurban akan dilaksanakan Sabtu, dan seluruh daging kurban akan dikirim ke alamat penerima yang sudah terdaftar pada panitia kurban. Demikian seperti diberitakan pada Liputan6, 1 Agustus 2020.

"Melihat bagaimana salat Idul Adha di Masjid Nasional Al-Akbar dilakukan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat, bahkan kemudian jamaah pun pakai ID card, sebagai penanda bahwa basis shof mana menggunakan ID card dengan tali warna apa, itu adalah kehati-hatian yang dijaga, bahkan kemudian sandal, sepatu jangan sampai berdesakan selesai salat, maka disediakan untuk dibawa dan ini semua menyeiringkan protokol kesehatan dan melaksanakan ibadah," terang Khofifah, Gubernur Jawa Timur.