Sukses

KH Hasyim Wahid Tutup Usia, Gubernur Khofifah Sampaikan Belasungkawa

KH Hasyim Wahid atau akrab dikenal Gus Im tutup usia pada Sabtu, 1 Agustus 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar duka datang dari keluarga besar Nahdlatul Ulama (NU). KH Hasyim Wahid atau akrab dikenal Gus Im tutup usia pada Sabtu, 1 Agustus 2020 di RS Mayapada Jakarta pada pukul 04.18 WIB. KH Hasyim Wahid merupakan adik bungsu dari almarhum Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa lewat akun media sosial instagram @khofifah.ip juga menyampaikan kabar tersebut.

"Telah berpulang ke rahmatullah Adik KH.Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan KH.Salahuddin Wahid (Gus Sholah), KH Hasyim Wahid (Gus Iim), Sabtu, (1/8),” tulis Khofifah.

Khofifah pun menyampaikan ucapan duka cita. "Atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur saya mengucapkan turut berbelasungkawa sedalam-dalamnya. Semoga almarhum dipanggil dengan husnul khotimah, seluruh amal ibadah diterima Allah SWT, diberi kelapangan kubur, dan dimasukkan ke dalam surga. Pun, keluarga yang ditinggalkan diberikan kelapangan dan ketabahan hati dalam menerima cobaan ini. Al-Fatihah,” tulis dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hasyim Wahid Bakal Dimakamkan di Jombang

Mengutip laman Kominfo Jatim, Pengasuh Pesantren Aziziya Denanyar, Jombang, KH Abdum Muiz, jenazah akan dimandikan dan disalatkan di Ciganjur, Jakarta Selatan. Jenazah akan dimakamkan di Kompleks Pemakaman Pesantren Denanyar Jombang.

Irwan Wahid, putra KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah) yang merupakan keponakan almarhum Hasyim Wahid juga menyampaikan rencana pemakaman dalam cuitan di akun twitternya @ipangwahid.

"Telah berpulang KH.Hasyim Wahid bin KH.Wahid Hasyim (Gus Im) pada hari Sabtu pukul 04.18 WIB. Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fuanhu. Jenazah rencana akan disemayamkan di Ciganjur dan dimakamkan di Denanyar, Jombang," tulis dia.

Irfan juga mengumumkan rencana pemakaman Hasyim Wahid lewat akun twitternya:

10.00: Jenazah tiba di Ciganjur, disemayamkan terlebih dahulu di Rumah Gus Yai, di Ciganjur. Salat jenazah oleh keluarga.

12.30: Jalan darat ke Jombang

21.00: Diperkirakan jenazah tiba di Pesantren Mambaul Ma’arif Pesantren Denanyar Jombang

22.00: Pemakaman

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.