Sukses

4 Olahan Daging Kambing Khas Jawa Timur, Jadi Inspirasi Menu Idul Adha

Menu kambing ini bisa dinikmati bersama keluarga di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Olahan daging kambing banyak diminati masyarakat. Daging kambing yang memiliki rasa khas bisa diolah menjadi berbagai jenis menu makanan. Di Jawa Timur, daging kambing diolah menjadi makanan yang lezat.

Olahan daging kambing khas Jawa Timur punya rasa yang istimewa. Olahan daging kambing di Jawa Timur terkenal dengan kuliner pedas dan kaya akan rempah. Anda bisa menjadikan olahan daging kambing ini sebagai inspirasi menu kambing saat Idul Adha.

Olahan daging kambing khas Jawa Timur ini bisa dinikmati bersama keluarga di rumah. Berikut olahan daging kambing khas Jawa Timur, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(29/7/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Krengsengan kambing

Krengsengan merupakan kuliner kambing khas Jawa Timur yang sangat populer. Krengsengan berbahan dasar kambing yang dipotong kecil dan dibumbui dengan tumisan bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica, dan pala. Krengsengan biasa dimasak bersama kecap manis.

Tak cuma berisi daging kambing, krengsengan juga biasanya berisi jeroan kambing. Selain daging kambing, krengsengan juga bisa dibuat dengan daging sapi. Krengsengan banyak ditemukan di Surabaya dan daerah lainnya.

3 dari 5 halaman

Nasi becek

Nasi becek atau sego becek merupakan kuliner khas Nganjuk, Jawa Timur. Sekilas, nasi becek terlihat seperti soto babat. Bedanya nasi becek menggunakan daging kambing. Nasi becek berisi potongan daging kambing dengan kuah santan.

Kuliner ini disajikan dengan sambal kacang khas Nganjuk dan sate kambing yang telah dilepas dari tusuknya. Nasi becek punya cita rasa gurih dan pedas yang nikmat.

4 dari 5 halaman

Gulai Kambing Kacang Hijau

Jika kacang hijau biasanya diolah menjadi bubur atau makanan manis lainnya, di Jawa Timur kacang hijau menjadi bahan dasar gulai. Gulai kambing Kacang Hijau, merupakan salah satu jenis kuliner khas Jawa Timur yang banyak menarik rasa penasaran.

Gulai kambing kacang hijau atau juga dikenal dengan gulai kacang hijau merupakan olahan daging kambing yang dipadukan dengan kacang hijau. Kedua bahan ini diolah bersama berbagai rempah seperti kapulaga, jahe, pala, kunyit, kayu manis, lengkuas, dan merica. Gulai kambing kacang hijau bisa ditemukan di Surabaya dan daerah Jawa Timur lainnya. Gulai kambing kacang hijau biasa disantap bersama dengan roti canai atau roti maryam.

5 dari 5 halaman

Kare kambing

Olahan kambing selanjutnya adalah kare kambing. Kuliner ini banyak ditemukan di Surabaya, bahkan menjadi salah satu kuliner legendaris di kota ini. Kare ini biasanya berisi daging, ati, paru, dan babat kambing.

Daging kambing yang dipotong kecil, diolah bersama bumbu kare yang kaya rempah. Ini membuat daging kambing menjadi tidak berbau anyir dan lebih empuk. Kare kambing biasa disantap bersama nasi hangat dan perasan jeruk nipis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini