VIDEO: Penjualan Hewan Kurban Merosot Jelang Idul Adha

VIDEO: Penjualan Hewan Kurban Merosot Jelang Idul Adha

Sepintas tidak ada yang istimewa dari lokasi penjualan hewan kurban di Jalan Raya Brawijaya, Kecamatan Sukorambi, Jember.

Keistimewaan baru terlihat dari perlakuan yang diberikan terhadap hewan kurban yang dijual. Berikut seperti dilansir pada Liputan6, 24 Juli 2020.

Layaknya sebuah salon kecantikan, sapi-sapi ini dimandikan dan diberi terapi pemijatan khusus. Pedagang sengaja memberikan perlakuan istimewa, agar hewan-hewan tersebut terhindar dari stres dan selalu terjaga berat badannya sebelum disembelih saat Idul Adha nanti.

"Ya sering-sering dimandikan, dipijit biar ndak stres, pakannya kita ada rumput gajah, ada jagung, pakan tambahannya pake dedak sama ampas tahu," ujar Faidzin, Pedagang Sapi Kurban.

Sementara itu, penjualan hewan kurban di Sidoarjo menurun drastis hingga 40 persen dibandingkan tahun lalu. Banyaknya warga yang di-PHK saat pandemi Covid-19 diduga menjadi penyebab menurunnya daya beli masyarakat.

"Kira-kira ya 40 sampai 30 persen, tahun lalu habis 80 sampai 100 ekor," terang Muhamad Sanusi, Pedagang Hewan Kurban.

Meski terjadi penurunan jumlah pembeli, tetapi harga hewan kurban tidak turun. Harga satu ekor hewan kurban kambing mulai dari Rp 2,2 juta hingga Rp 4 juta. Sedangkan untuk hewan kurban sapi, sekitar Rp 15 hingga Rp 25 juta per ekornya.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 28 July 2020, 07:30 WIB

Video Terkait

Spotlights