Sukses

Sambut Akhir Pekan, Yuk Simak Deretan Kabar Baik dari Jawa Timur

Pada pekan ini, pasien sembuh dari Corona COVID-19 meningkat di Jawa Timur. Namun, pasien positif COVID-19 juga masih bertambah.

Liputan6.com, Jakarta - Selama sepekan ini, pasien sembuh dari Corona COVID-19 di Jawa Timur meningkat. Pada Selasa, 21 Juli 2020, pasien sembuh dari COVID-19 mencapai 10.065 orang.

Pasien sembuh dari Corona COVID-19 di Jawa Timur melonjak secara harian. Pada Kamis, 23 Juli 2020, berdasarkan data Kementerian Kesehatan, pasien positif Corona COVID-19 di Jawa Timur bertambah 665 orang sehingga total menjadi 11.125 orang.

Meski demikian, tambahan pasien baru COVID-19 masih terjadi di Jawa Timur. Pada Jumat, 24 Juli 2020, tambahan pasien baru COVID-19 sebanyak 496 orang. Total pasien positif COVID-19 mencapai 19.946 orang.

Sementara itu, pada pekan ini juga menunjukkan, zona merah COVID-19 terdapat tiga daerah di Jawa Timur pada 21 Juli 2020. Sebelumnya zona merah COVID-19 di Jawa Timur ada enam.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa pun tetap mengimbau masyarakat Jawa Timur untuk tetap patuhi protokol kesehatan.

Selain pasien sembuh dari COVID-19 yang meningkat, Kejaksaan Tinggi Jawa Timur juga membantu Pemerinta Kota Surabaya untuk menyelamatkan aset negara.

Kali ini, kerja sama Kejati Jatim dan Pemkot Surabaya berhasil menyelamatkan aset di Kelurahan Karang Pilang, Kecamatan Karang Pilang, Surabaya, senilai Rp 61 miliar.

Berikut sejumlah kabar baik selama sepekan dari Jawa Timur yang dirangkum pada Sabtu, (25/7/2020):

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

Kota Madiun Kembali Dapat Status Zona Hijau COVID-19

Wilayah Kota Madiun kembali dinyatakan berstatus zona hijau oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Jawa Timur, yakni sebagai daerah tidak terdampak penyebaran virus corona jenis baru (Sars-CoV-2) yang sebabkan COVID-19. Perubahan status itu diterima pada Senin, 20 Juli 2020.

Wali Kota Madiun, Maidi mengatakan, sebelumnya Kota Madiun masuk dalam kategori zona oranye atau daerah berisiko sedang penyebaran COVID-19.

Perubahan status itu diterima Pemkot Madiun pada Senin dini hari pukul 00.00 WIB, sebagai satu-satunya daerah berstatus zona hijau di Jawa Timur untuk saat ini.

Berita selengkapnya baca di sini

3 dari 12 halaman

Zona Merah COVID-19 Masih Ada Tiga di Jawa Timur

Jawa Timur masih terdapat tiga zona merah COVID-19 pada 21 Juli 2020. Zona merah COVID-19 itu turun dibandingkan sebelumnya enam zona merah COVID-19.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyampaikan hal tersebut lewat akun instagramnya @khofifah.ip. Ia mengunggah foto berisi keterangan zonasi COVID-19 di Jawa Timur pukul 17.00 per 21 Juli 2020.

"Alhamdullilah Wa Syukurillah Wa Ni’matillah Wala Haula Wala quwwata illa billah. Per hari ini, Selasa, (21/7) Zona Merah Jatim menyisakan tiga kabupaten/kota (Surabaya, Gresik dan Kota Pasuruan)," tulis Khofifah di akun instagramnya, seperti dikutip Rabu, 22 Juli 2020.

Berita selengkapnya baca di sini

4 dari 12 halaman

Pasien Sembuh COVID-19 di Jawa Timur Tembus 10.065 Orang pada 21 Juli 2020

Jumlah pasien sembuh COVID-19 di Jawa Timur (Jatim) menembus angka 10 ribu. Jumlah pasien sembuh COVID-19 capai 10.065 orang.  Angka tersebut jauh melampaui jumlah pasien positif aktif yang sedang dirawat yaitu 7816 orang.

Tidak hanya itu, pencapaian ini juga mengubah warna peta persebaran COVID-19. Per Selasa 21 Juli 2020, Jatim tinggal menyisakan tiga kabupaten atau kota berstatus zona merah dari total 38 kabupaten maupun kota yaitu Kota Surabaya, Kabupaten Gresik dan Kota Pasuruan.

Sedangkan 28 kabupaten maupun kota lainnya berstatus zona orange dan tujuh kabupaten atau kota berstatus zona kuning. 

Berita selengkapnya baca di sini

5 dari 12 halaman

Pemeriksaan Spesimen COVID-19 di Labkesda Termasuk Warga Luar Surabaya

Kapasitas pengujian COVID-19 melalui Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) milik Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bakal ditingkatkan hingga 4.000 spesimen per hari.

Bahkan, pemeriksaan sampel di laboratorium ini tak hanya digunakan untuk warga Surabaya, Jawa Timur melainkan luar kota.

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini (Risma) mengatakan, selain mendapat bantuan PCR (Polymerase Chain Reaction) swab test dari Badan Intelijen Negara (BIN), Pemkot Surabaya juga mendapat dukungan dari perusahaan-perusahaan.

Berita selengkapnya baca di sini

6 dari 12 halaman

Pemkot Surabaya Gandeng Ahli Penyakit Paru untuk Senam Pernafasan bagi Pasien COVID-19

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggandeng ahli penyakit paru dalam upaya memberikan perawatan senam pernapasan bagi pasien COVID-19. Tujuannya supaya pasien COVID-19 pasca sakit, fungsi pernapasan atau paru-paru mereka bisa kembali maksimal.

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini (Risma) mengatakan, pihaknya mendapat informasi dari para ahli kalau seseorang itu pasca terkena COVID-19, ada masalah dengan kondisi paru-parunya. Oleh karena itu, pihaknya akan menyiapkan tempat untuk berlatih senam pernapasan bagi pasien Covid-19.

“Karena itu kami segera mungkin menyiapkan tempat untuk mereka bisa lakukan senam pernafasan. Ini di-support oleh para ahli penyakit paru di Surabaya,” kata Wali Kota Risma di Balai Kota Surabaya, Selasa, 21 Juli 2020, seperti dikutip dari laman Surabaya.go.id.

Berita selengkapnya baca di sini

7 dari 12 halaman

Kejari Tanjung Perak Surabaya Selamatkan Uang Negara Rp 387,96 Juta

Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjung Perak Surabaya menuntaskan sejumlah kasus korupsi. Dari penyelesaian kasus tersebut, Kejari Tanjung Perak Surabaya kembalikan uang kerugian negara selama periode Januari - Juli 2020 dari kasus korupsi senilai Rp 387.964.255 (Rp 387,96 juta).

Kepala Kejari Tanjung Perak Surabaya Wagiyo Santoso menyebut pengembalian uang kerugian negara itu merupakan hasil kerja keras Bidang Pidana Khusus (Pidsus) atas penuntasan kasus tindak pidana korupsi.

"Kami telah menuntaskan penyelidikan kasus korupsi Program Jaring Aspirasi Masyarakat Pemerintah Kota Surabaya Tahun 2016 dan Proyek Pembangunan Instalasi Pengelolaan Air Limbah di Perusahaan Daerah Rumah Potong Hewan Surabaya," tutur dia kepada wartawan di Surabaya, Selasa, 21 Juli 2020, seperti dikutip dari Antara.

Berita selengkapnya baca di sini

8 dari 12 halaman

Kejati Jatim Bantu Pemkot Surabaya Selamatkan Aset Rp 61 Miliar

Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dalam menyelamatkan aset negara.

Kali ini, kerja sama Kejati Jatim dan Pemkot Surabaya berhasil menyelamatkan aset di Kelurahan Karang Pilang, Kecamatan Karang Pilang, Surabaya, senilai Rp 61 miliar.

Proses penyerahan aset berupa tanah seluas 39.985 meter persegi dan uang sebesar Rp 6,3 miliar itu dilakukan di Kejati Jatim dengan menandatangani surat perdamaian antara Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dengan pihak ketiga PT Platinum.

Berita selengkapnya baca di sini

9 dari 12 halaman

Kenalkan Bambang Guruh, Profesor Pertama Bidang Elektromedik di Indonesia

Indonesia kini memiliki guru besar di bidang elektromedik. Hal itu setelah Dosen Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes Surabaya, Prof Dr Bambang Guruh Irianto AIM MM dikukuhkan menjadi guru besar (gubes) pertama bidang elektromedik di Indonesia.

Selain menjadi guru besar pertama bidang elektromedik di Indonesia, dirinya juga menjadi guru besar pertama di Poltekkes Kemenkes Surabaya, dan guru besar ke-3 Politeknik Kesehatan se-Indonesia.

"Untuk mendapatkan gelar ini saya harus melalui proses panjang. Saya mendapatkan gelar doktor pada tahun 2004. Karena beberapa hal baru mendapatkan gelar profesor pada tahun ini," ujar pria kelahiran Pemalang, Jawa Tengah, pada 9 Januari 1958, seperti dikutip dari Antara, Kamis, 23 Juli 2020.

Berita selengkapnya baca di sini

10 dari 12 halaman

Sembilan Kelurahan di Surabaya dengan Kasus Terendah COVID-19

Tren angka kesembuhan pasien COVID-19 di Kota Surabaya terus meningkat setiap hari. Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya, total kumulatif angka kesembuhan hingga Rabu, 22 Juli 2020 tembus 4.494 orang.

Kepala Dinkes Kota Surabaya, Febria Rachmanita mengatakan, peningkatan angka kesembuhan pasien COVID-19 itu semakin bertambah, lantaran pasien di Kota Pahlawan berjuang bersama-sama untuk menaikkan imunitas dan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Angka kesembuhan dalam satu hari pada 22 Juli 2020, ada 62 kasus yang terdiri dari tamu Hotel Asrama Haji, rawat jalan isolasi mandiri dan rawat inap di rumah sakit.

Berita selengkapnya baca di sini

11 dari 12 halaman

Pemprov Jawa Timur Perpanjang Program Lumbung Pangan hingga Akhir 2020

Program Lumbung Pangan Jawa Timur sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap kebutuhan pangan masyarakat akibat pandemi COVID-19 diperpanjang hingga akhir 2020.

"Keputusan untuk memperpanjang  Lumbung Pangan Jatim sudah saya tanda tangani," ujar Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat, (24/7/2020), seperti dikutip dari Antara.

Bahkan, kata dia, tidak lama lagi layanan akan diperluas kembali ke lima daerah sehingga total 33 kabupaten/kota (saat ini masih 28 daerah). Program Lumbung Pangan Jatim yang digelar di JX International Surabaya mulai 21 April 2020 sedianya berakhir 21 Juli 2020.

Berita selengkapnya baca di sini

12 dari 12 halaman

Warkop Pitulikur Surabaya Fasilitasi Siswa Belajar Daring Siang hingga Malam

Warung kopi (warkop) di Surabaya, Jawa Timur ini menjadi sorotan warganet lantaran menginspirasi untuk membantu siswa yang sulit belajar secara online atau dalam jaringan (daring). Warkop yang berada di Jalan Bagong Tambangan tersebut bernama Warkop Pitulikur.

Dalam akun instagram warkop tersebut yaitu @warkoppitulikur menulis unggahan "Bagi pelajar atau siswa siswi di sekitar warkop Pitulikur, yang kesulitan proses belajar dan mengajar virtual karena keterbatasan data internet. Bisa belajar di warkop pitulikur tanpa bingung pemakaian data dan free teh hangat syaratnya hanya untuk belajar dan tidak boleh main game apapun,"

Husin Gosali alias Cak Cong pemilik Warung Kopi (Warkop) Pitulikur Surabaya membenarkan dirinya merelakan tempat usahanya dijadikan sebagai tempat belajar oleh siswa yang kesulitan mengakses internet di rumah.

Berita selengkapnya baca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.