VIDEO: Tingkat Kesembuhan Tinggi, Zona Merah Berkurang di Jatim

VIDEO: Tingkat Kesembuhan Tinggi, Zona Merah Berkurang di Jatim

Jumlah pasien COVID-19 di Jawa Timur, hingga pada Jumat, 17 Juli 2020 menjadi yang terbanyak di Tanah Air. Meski menjadi provinsi terbanyak kasus Covid-19, Gubernur Jawa Timur menyebut tingkat kesembuhan di Jawa Timur juga tinggi.

Bahkan pada Kamis lalu ada 387 pasien yang dinyatakan sembuh. Meningkatkan jumlah kesembuhan COVID-19 selama sepekan terakhir ini berdampak terhadap berkurangnya wilayah zona merah di Jawa Timur. Hingga saat ini masih ada enam wilayah yang masuk zona merah, yakni, Kota Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Bojonegoro serta Kabupaten dan Kota Mojokerto.

"Kita sudah membangun satu mekanisme yang sudah on the right track, karena yang sembuh di atas dari yang dirawat. Hitung-hitungan saya bahkan sekitar 329 yang sembuh diatas dari yang dirawat," ujar Khofifah, Gubernur Jawa Timur.

Sementara itu masih dari Jawa Timur, jumlah positif kasus Covid-19 di Kabupaten Tuban terus bertambah dalam sehari terjadi penambahan delapan pasien, sehingga pada Jumat sore mencapai 157 kasus. Seluruh pasien kini menjalani isolasi dan perawatan di sejumlah rumah sakit rujukan.

"Kita ini setiap ada klaster baru, terindikasi terkonfirmasi baru itu langsung kita lakukan tracing secepatnya, jadi semua orang yang pernah kontak, apakah itu kontak erat maupun kontak langsung saja kita lakukan tracing," ungkap Noor Nahar Hussein, Wakil Bupati Tuban.

Dari 157 warga yang positif COVID-19, 53 di antaranya dinyatakan sembuh, 11 meninggal dunia dan 93 orang lainnya menjalani isolasi dan perawatan. Demikian seperti diberitakan pada Liputan6, 18 Juli 2020.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 20 July 2020, 12:23 WIB

Video Terkait

Spotlights