VIDEO: Berawal Hobi, Seorang Guru Tambah Penghasilan dari Kucing Hias

VIDEO: Berawal Hobi, Seorang Guru Tambah Penghasilan dari Kucing Hias

Liburnya aktivitas belajar mengajar di rumah saat pandemi COVID-19, tak membuat seorang guru di Jombang, Jawa Timur, berpangku tangan.

Berbekal hobi memelihara kucing hias, kini mampu menambah pundi ekonomi keluarga. Dalam sebulan bisa terjual kucing hias hingga 60 ekor, dengan omzet Rp 10 juta. Berikut video liputannya pada Fokus, 8 Juli 2020.

Inilah aktivitas sehari-hari Wahyuni, seorang guru di sekolah swasta, saat berada di rumahnya Desa Puton, Kecamatan Diwek, Jombang, Jawa Timur. Di tengah larangan sistem belajar mengajar di sekolah, kini ia lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dengan beternak kucing hias.

Di kandang berukuran 5x3 meter, Wahyuni melawan rasa bosan dengan menyalurkan hobinya. Bahkan kini hobinya mampu menambah pundi ekonomi keluarga, saat pandemi Covid-19.

Di tengah pandemi COVID-19, kucing milik Wahyuni justru banyak diburu oleh para pecinta kucing hias, hingga luar pulau Jawa. Dalam sebulan bisa terjual kucing hias hingga 60 ekor, dengan omzet Rp 10 juta. Harga yang ditawarkan mulai Rp 300 ribu, hingga jutaan rupiah.

Semua tergantung jenis kucing serta usia kucing hias. Pembeli beralasan ingin memelihara kucing hias sebagai teman, saat menghabiskan waktu di rumah selama masa pandemi.

"Banyak orang mencari kucing buat teman lockdown di rumah, kemarin bulan puasa sampai Lebaran, sekitar 60 ekor lebih, satu harinya bisa sold out tiga sampai empat ekor," ungkap Wahyuni, Peternak Kucing Hias.

Selain bisa berdiam diri di rumah, untuk mencegah penyebaran COVID-19. Kini Wahyuni masih bisa meraih pundi rupiah, di tengah pandemi dengan menawarkan kucing hias melalui media sosial.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 09 July 2020, 17:41 WIB

Video Terkait

Spotlights