Kini, Keliling Kota Madiun Bisa Naik Bus Wisata Gratis

Oleh Liputan6.com pada 06 Jul 2020, 20:30 WIB
Diperbarui 06 Jul 2020, 20:30 WIB
Ilustrasi bus
Perbesar
Salah satu hal yang penting saat liburan ialah memilih kendaraan. Apakah memakai kendaraan pribadi maupun transportasi lainnya? Kalau dipikir, memang banyak orang lebih memilih kendaraan pribadi untuk liburan.

Liputan6.com, Surabaya- Bus wisata di Kota Madiun siap beroperasi untuk mendukung pembangunan sektor pariwisata daerah itu. Bus bernama Madiun Bus On Tour (Mabour) ini akan beropetasi untuk melayani masyarakat dalam menikmati destinasi menarik di Kota Pendekar Madiun.

“Bus ini bisa dinikmati siapa pun dan gratis,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Madiun Ansar Rosidi, seperti yang dikutip dari Antara, Senin (6/7/2020).

Bus wisata Kota Madiun ini terdiri atas tiga unit. Dua unit merupakan armada jenis medium bus dengan jarak tempuh 21 kilometer dan waktu tempuh 90 menit, serta satu armada mikrobus dengan jarak tempuh 18,2 kilometer dan waktu tempuh 80 menit.

Medium bus dan mikrobus memiliki rute yang berbeda. Namun, saling berhubungan. Mikrobus mengantar wisatawan ke lokasi yang sulit dilalui medium bus. Contohnya, ke Masjid Kuno Kuncen atau Masjid Kuno Taman.

Sementara, medium bus mengantar wisatawan ke sejumlah titik destinasi, antara lain, Tugu Pendekar Proliman, Busbow, Dumilah Park, hingga kawasan destinasi di Pahlawan Street Center.

Selama pandemi Corona Covid-19, kapasitas bus akan dibatasi. Medium bus yang bisa menampung 31 orang akan diisi maksimal 15 orang saja. Sedangkan, mikrobus yang berkapasitas 18 orang hanya bisa diisi tidak lebih dari sembilan orang.

Rencananya, bus wisata Mabour diluncurkan oleh Wali Kota Madiun Maidi pada 14 Juli 2020. Bus akan beroperasi dioperasikan pada Sabtu dan Minggu, mulai pukul 09.00 hingga 16.00 WIB.

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by