VIDEO: Pasien COVID-19 Bertambah, Sidoarjo Bakal Tunjuk RS Rujukan Baru

VIDEO: Pasien COVID-19 Bertambah, Sidoarjo Bakal Tunjuk RS Rujukan Baru

Tingginya kasus pasien positif COVID-19 yang dirawat di tujuh rumah sakit rujukan di Sidoarjo, saat ini kondisinya sudah penuh. Untuk merawat pasien COVID-19 baru, Pemkab Sidoarjo akan menunjuk 4 hingga 5 rumah sakit rujukan baru.

Selain itu, Dinas Kesehatan setempat juga akan menunjuk satu rumah sakit khusus ibu hamil, agar tidak tertular oleh pasien COVID-19. Berikut seperti diberitakan pada Liputan6, 30 Juni 2020.

Pasca penghapusan PSBB dan diterapkanya new normal di Kabupaten Sidoarjo, justru terjadi peningkatan jumlah pasien positif COVID-19. Hampir satu bulan ini, peningkatan mencapai 1.500 orang. Meningkatnya jumlah pasien positif tersebut, membuat tujuh rumah sakit rujukan yang tersebar di Kabupaten Sidoarjo penuh.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo, dr Syaf Satriawarman mengatakan, Pemkab Sidoarjo kewalahan menangani Covid-19, karena jumlah pasien yang terus bertambah. Ruang isolasi khusus di tujuh rumah sakit rujukan penuh dengan pasien Covid-19, bahkan saat ini sudah mengantre di Ruang UGD.

Dinas Kesehatan akan menunjuk 4 hingga 5 rumah sakit rujukan yang baru serta menunjuk satu rumah sakit rujukan bagi ibu hamil, agar lebih aman dan tidak tertular oleh pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit yang sama.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo, juga menyampaikan usulan dari para dokter untuk menunjuk rumah sakit khusus yang hanya menangani pasien COVID-19.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 02 July 2020, 10:19 WIB

Video Terkait

Spotlights