VIDEO: APD Bekas Pakai Berserakan di Area Pemakaman

Oleh Agustina Melani pada 01 Jul 2020, 17:17 WIB
Diperbarui 01 Jul 2020, 17:17 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Alat pelindung diri atau APD seperti, baju hazmat, sarung tangan, masker dan face shield, bekas pemakaman protokol Covid-19, ditemukan berserakan di area tempat pemakaman umum Babat Jerawat, Pakal, Surabaya.

Petugas kebersihan makam menduga, limbah APD tersebut milik petugas medis, dan petugas pemakaman yang tertinggal di area makam usai melakukan pemakaman jenazah Covid-19. Berikut seperti dilansir Liputan6, 30 Juni 2020.

Foto-foto alat pelindung diri yang tercecer di tempat pemakaman umum Babat Jerawat, Surabaya, Jawa Timur ini viral di media sosial. Baju hazmat, sarung tangan, serta face shield ini merupakan bekas pakai, pemakaman jenazah Covid-19. Tidak jelas betul limbah APD ini berserakan di area pemakaman. Petugas kebersihan pun tidak tahu secara pasti.

"Ya mungkin bukan tercecer, kalau anak-anak kerja yang dipakai ditaruh, ditaruh, kelupaan atau apa, kalau sudah biasanya dibakar," ujar Agung, Petugas Kebersihan Makam.

Pihak pengelola pemakaman umum Babat Jerawat mengimbau para petugas yang ikut dalam proses pemakaman jenazah dengan protokol kesehatan COVID-19, meningkatkan kesadaran untuk tidak membuang limbah APD sembarangan. Bukan berpotensi menularkan virus COVID, tapi juga membuat peziarah lain tidak nyaman.