Sukses

PDIP Surabaya Gelar Aksi Sosial Saat Penutupan Bulan Bung Karno

PDIP Surabaya membagikan ribuan masker sejak Senin, 29 Juni 2020 di permukiman padat penduduk, di antaranya Tambaksari, Gubeng dan Bubutan.

Liputan6.com, Surabaya - Keluarga besar PDI Perjuangan Kota Surabaya penghujung Juni masih terus bergerak memperkuat Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 di Kota Pahlawan. 

PDIP Surabaya membagikan ribuan masker sejak Senin, 29 Juni 2020 di permukiman padat penduduk, di antaranya Tambaksari, Gubeng dan Bubutan. 

"Sejak 2010 menjadi wali kota Surabaya, Bu Risma mendedikasikan seluruh waktu dan tenaga untuk melindungi masyarakat Surabaya. Tidak kenal lelah beliau bekerja, melakukan berbagai upaya untuk memajukan kehidupan kota, membuat wajah kota asri, hijau dan manusiawi," tutur Ketua DPC PDIP Surabaya, Awi Sutarwijono, Selasa, 30 Juni 2020, dikutip dari keterangan tertulis.

PDIP Surabaya juga menggerakkan 15 anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Surabaya untuk membantu rakyat antara lain pendidikan, kesehatan, penanganan COVID-19, pembangunan jalan, saluran air, penerangan jalan umum, penanganan Bansos, dan lain sebagainya. 

"Seluruh anggota DPRD dari Fraksi PDI Perjuangan tiada henti turun ke masyarakat, memperkuat akar di bawah, lewat penanganan berbagai masalah yang menghimpit rakyat. Kita tunjukkan, bagaimana PDI Perjuangan mengelola kekuasaan legislatif yang berwajah kerakyatan," tutur dia. 

Panitia peringatan Bulan Bung Karno, yang dibentuk DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya, menutup bulan Juni dengan aksi-aksi sosial. PDIP Surabaya membagi-bagikan ratusan paket buku tulis kepada keluarga-keluarga marhaen. Buku-buku tulis yang sampulnya dicetak foto Bung Karno dan Pancasila. 

"Kami menjawab berbagai fitnah, dengan aksi nyata. Aksi yang membangun kesadaran nasionalisme di kalangan masyarakat, terutama anak-anak agar mencintai Indonesia sejak usia dini, seperti diajarkan Bung Karno," ucap Adi. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gelar Lomba

PDI Surabaya juga menggelar lomba Parikan dan foto dengan tema: Gotong Royong Menghadapi Covid-19. Lomba dalam rangka memperingati Bulan Bung Karno, dan ditutup akhir Juni. Parikan adalah membuat puisi dalam bahasa khas arek Suroboyo. 

"Kita rawat dan tumbuhkan budaya-budaya lokal untuk memperkuat jati diri Kota Surabaya, seperti ajaran Bung Karno tentang Trisakti, yang salah satu pointnya adalah berkepribadian di bidang kebudayaan. Kita memperkuat budaya lokal untuk memperkuat jati diri Indonesia yang berkebudayaan," ujar Adi. 

Di penghujung Bulan Bung Karno, Selasa 30 Juni 2020, PDI Perjuangan Kota Surabaya juga meluncurkan organ taktis, yaitu BAGUNA (Badan Penanggulangan Bencana). Seperti diinstruksikan Ketua Umum PDI Perjuangan, Ibu Megawati Soekarnoputri, Baguna menghadirkan PDI Perjuangan di tengah-tengah rakyat, ketika menghadapi situasi kebencanaan. 

"Dalam beberapa hari ini, Baguna PDI Perjuangan telah melakukan berbagai aksi sosial ke rakyat. Dengan penyemprotan disinfektan ke kampung-kampung, pembagian masker, gentong portabel untuk cuci tangan, pembagian susu untuk ibu hamil dan balita, dan APD (alat pelindung diri). Kita bantu Walikota Bu Risma dan jajaran Pemerintah Kota dalam menangani pandemi Covid-19 di Kota Surabaya," tutur Adi. 

Adi menuturkan, PDIP Surabaya marah dengan pembakaran bendera PDI Perjuangan dan berbagai fitnah yang diarahkan ke partai ini. Akan tetapi, menurut dia, kader-kader banteng dididik dan digembleng Ibu Megawati Soekarnoputri untuk mempunyai stamina panjang, daya juang kuat, serta taat pada hukum.

"Bendera PDI Perjuangan terus kita kibarkan. Tegak berdiri, yang dijaga seluruh kader. Ribuan bendera terus dinaikkan di rumah dan perkampungan Kota Surabaya. Kita percayakan kasus pembakaran bendera PDI Perjuangan kepada aparat kepolisian. Kita tempuh jalur hukum, seperti ajaran Ibu Megawati. Karena itu, kita berharap pada aparat kepolisian untuk menangkap para pelaku dan dalang pembakaran bendera, dan membawa ke pengadilan," kata Adi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.