Sukses

Mobil Via Vallen Terbakar, Polisi Tetapkan Tersangka hingga Temukan Benda Mistis

Dalam video tersebut, Via Vallen terdengar panik ketika mengetahui mobilnya yang terparkir di samping rumahnya terbakar.

Liputan6.com, Jakarta - Mobil mewah pelantun lagu Meraih Bintang, Via Vallen  terbakar. Mobil mewah yang diketahui dari instastory akun instagramnya @viavallen berwarna putih diduga terbakar sekitar pukul 03.00 pada Selasa, 30 Juni 2020.

Dalam video tersebut, Via Vallen terdengar panik ketika mengetahui mobilnya yang terparkir di samping rumahnya mengeluarkan api yang berkobar semakin besar. Saat itu, mobil pemadam kebakaran yang sebelumnya sudah dihubungi via telepon tak kunjung datang

"Tolong pemadam kebakaran di daerah Sidoarjo tolong cepet ke Tanggulangin. Tapi sudah di telepon tapi enggak ke sini-sini. Itu ada kebakaran di samping rumah. Kalau enggak segera dipadamin takutnya kena ke sebelah-sebelah rumah," ujar suara dalam video, Selasa, 30 Juni 2020.

Selanjutnya, Via takut api yang terus berkobar itu bisa menyambar rumah tetangga. Dirinya pun terus panik lalu mengatakan akan melaporkan pelakunya ke polisi.

"Ini pemadam kebakaran tolong cepat ke sini po'o. Aku takut nyebar ke rumah dan ke tetangga sebelah juga. Ini katae tadi ada yang bakar. Awas kamu yang bakar tak laporin ke polisi," ujarnya.

Kasus dugaan pembakaran mobil mewah Via Vallen itu terus berkembang. Polisi mulai melacak keberadaan pelaku hingga menginterogasi terduga pelaku pembakaran. Simak rangkuman pembakaran mobil milik Via Vallen di Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (1/7/2020):

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Polisi Tetapkan Satu Tersangka

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menyampaikan, pihaknya telah menetapkan satu tersangka berinisial P terkait kasus dugaan pembakaran mobil mewah jenis Alphard bernopol W 1 VV milik pedangdut Via Vallen. 

"Sementara ini inisial P ya yang diamankan sebagai tersangka," ujar Trunoyudo, Selasa, 30 Juni 2020. 

Trunoyudo menyampaikan, pihaknya menangkap terduga tersangka berkat tangkapan kamera pengawas serta bantuan dari masyarakat lingkungan sekitar yang mengenali tersangka.

"Tersangka, lingkungan masyarakat mengenal. dan kalau disebut tetangga, masih kita dalami," ujar dia. 

Disinggung terkait dengan motif, hingga saat ini pihaknya masih belum dapat mengorek keterangan tersangka. Namun, ia memastikan masih mendalami motif tersangka melakukan pembakaran mobil Via Vallen. "Masih kita dalami (motif), apakah bagian dari fans atau yang lain," tutur dia.

 

 

3 dari 7 halaman

Polda Jatim Bantu Lewat Laboratorium Forensik

Kepolisian Daerah Jawa Timur akan memanggil penyanyi dangdut Via Vallen untuk dimintai keterangan sebagai saksi korban terkait kasus dugaan pembajaran mobil Alphard miliknya.

"Untuk saksi korban tentunya akan kami lakukan pemeriksaan, mengingat Via Vallen adalah korban dan ada saksi, semua akan kami ambil keterangan. Dalam hal ini kami akan memanggil saksi korban," ujar Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko di Surabaya, Selasa, 30 Juni 2020, seperti dikutip dari Antara.

Trunoyudo menuturkan, Polda Jatim membantu penanganan kasus dugaan pembakaran mobil Via Vallen melalui bidang Laboratorium Forensik Polda Jatim yang telah memeriksa alat-alat bukti yang ada di tempat kejadian perkara (TKP).

Berdasarkan laporan yang diterima Polda Jatim, Polresta Sidoarjo telah menangkap terduga pelaku pembakaran mobil jenis Alphard milik Via Vallen. Pelaku berinisial P itu ternyata masih tetangga penyanyi dangdut Via Vallen. 

"Tersangka di lingkungan masyarakat mengenal dan kalau disebut tetangga, saat ini masih kami dalami," tutur dia.

Fakta lain yang diterima Polda Jatim yakni pelaku pembakaran mobil Via Vallen itu diduga merupakan fans berat pelantun lagu "Meraih Bintang" itu. 

"Masih kami dalami, nanti motif apakah bagian dari fans atau yang lain kita lakukan penyidikan dan tes psikolog untuk mengetahui semuanya," ujar dia.

Kombes Truno juga membenarkan, pelaku mengalami gangguan kejiwaan sehingga pihaknya juga sedang menunggu tes psikologi terhadap pelaku.

 

4 dari 7 halaman

Kesaksian Adik Via Vallen

Mobil mewah pedangdut Via Vallen diduga dibakar oleh seseorang tak dikenal. Mobil tersebut sedang diparkir di samping rumahnya di Desa Kalitengah Selatan, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa pagi 30 Juni 2020.

Petugas Kepolisian, Sektor Tanggulangin, Sidoarjo terus menyelidiki motif terbakarnya mobil Toyota Alphard milik Via Vallen.

Kapolsek Tanggulangin, Kompol Sujud menuturkan, pihaknya telah mengamankan seseorang yang diduga sebagai pelaku pembakaran tersebut.

"Kami masih menyelidiki kasus ini termasuk meminta keterangan saksi," kata dia, seperti dikutip dari Antara.

Sementara itu, adik Via Vallen, Mella Rossa menceritakan mobil tersebut diparkir di luar rumah karena garasi belakang dipakai syuting Via Vallen.

"Sekitar pukul 03.30 WIB, tiba-tiba ada suara mobil meledak. Api langsung membesar. Kru kakak (Via Vallen) saat itu masih ada di belakang karena habis pengambilan gambar. Mobil sebenarnya akan dimasukkan ke garasi namun menunggu panggung diberesi tapi mobil keburu terbakar," ujar dia.

Rossa menuturkan, mobil milik Via Vallen terbakar bukan tanpa sebab, karena dari CCTV di rumah, nampak ada seorang pria yang berjalan memasuki gang samping rumah dengan membawa bungkusan."Begitu mobil meledak dan terbakar, pria tersebut lari ke arah timur," ujar dia.

 

5 dari 7 halaman

Terduga Pelaku Ngomongnya Ngelantur

Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Sumardji mengaku, pihaknya masih belum mengetahui motif terduga pelaku pembakaran mobil mewah milik pedangdut Via Vallen. 

Sumardji juga menyampaikan, pihaknya masih belum mendapatkan keterangan yang lebih jelas dan detail mengenai dugaan kasus tersebut karena terduga pelaku sulit diajak komunikasi. 

"Belum (berkomunikasi). Orangnya ini seperti pura-pura bodoh atau gila, ngomongnya ngelantur. Sementara kita diamkan dulu, kita lihat perkembangannya setelah dia tenang akan kita periksa," ujar dia, Selasa, 30 Juni 2020.

Polresta Sidoarjo juga telah menyita sejumlah barang bukti di antaranya botol air mineral yang tercium bau bensin milik terduga pelaku pembakaran mobil pedangdut Via Vallen.

Selain itu, polisi juga menyita barang bukti tas yang dipakai oleh terduga pelaku. Yang sempat membuat polisi agak terkejut, di dalam tas itu ditemukan jenglot (benda mirip boneka yang dipercaya memiliki kekuatan mistis), bambu kuning yang di percaya bertuah, dan alat perdukunan lainnya.

"Kita juga mengamankan tas, berisi buku BCA dan ada jenglot, intinya kayak perdukunan begitu. Termasuk ada kayak bambu kuning yang dipotong sekian centimeter," ucap Sumardji. 

Sebelumnya, Kasat Reskrim Polres Sidoarjo AKP Ambuka Yudha Hardi Putra membenarkan, pihaknya telah mengamankan seorang laki-laki yang diduga sebagai pelaku pembakaran mobil mewah jenis Alphard milik penyanyi dangdut Via Vallen.

"Iya benar, sudah diamankan satu orang, terduga pelaku pembakaran," ujar dia.

Ambuka masih belum bisa menjelaskan terkait identitas maupun motif terduga pelaku pembakaran karena pihaknya saat ini masih menggali keterangan dari yang bersangkutan.

"Masih didalami (motif pembakaran). Yang jelas saat ini kita juga masih mencari keterangan dari saksi lainnya," tutur dia.

 

6 dari 7 halaman

Ada Jenglot di Dalam Tas Terduga Pelaku Pembakar Mobil Via Vallen

Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Sumardji menyampaikan, pihaknya telah menyita sejumlah barang bukti di antaranya botol air mineral yang tercium bau bensin milik terduga pelaku pembakaran mobil pedangdut Via Vallen.

Selain itu, pihaknya juga sempat menyita barang bukti tas yang dipakai oleh terduga pelaku. Yang sempat membuat polisi agak terkejut, di dalam tas itu ditemukan jenglot (benda mirip boneka yang dipercaya memiliki kekuatan mistis-red), bambu kuning yang di percaya bertuah, dan alat perdukunan lainnya.

"Kita juga mengamankan tas, berisi buku BCA dan ada jengglot, intinya kayak perdukunan begitu. Termasuk ada kayak bambu kuning yang dipotong sekian centimeter," ujar dia.

Sebelumnya, Kasat Reskrim Polres Sidoarjo AKP Ambuka Yudha Hardi Putra membenarkan, pihaknya telah mengamankan seorang laki-laki yang diduga sebagai pelaku pembakaran mobil mewah jenis Alphard milik penyanyi dangdut Via Vallen.

"Iya benar, sudah diamankan satu orang, terduga pelaku pembakaran," kata dia, Selasa, 30 Juni 2020.

Ambuka masih belum bisa menjelaskan terkait identitas maupun motif terduga pelaku pembakaran mobil Via Vallen. Hal ini karena pihaknya masih menggali keterangan dari yang bersangkutan.

"Masih didalami (motif pembakaran). Yang jelas saat ini kita juga masih mencari keterangan dari saksi lainnya," ujar dia.

 

7 dari 7 halaman

Polisi Tangkap Pria yang Diduga Bakar Mobil Via Vallen

Seorang laki-laki yang diduga pembakar mobil mewah pedangdut Via Vallen ditangkap polisi. Hal itu dibenarkan oleh Kasat Reskrim Polres Sidoarjo AKP Ambuka Yudha Hardi Putra.

"Iya benar, sudah diamankan satu orang, terduga pelaku pembakaran," ujar Ambuka, Selasa, 30 Juni 2020.

Namun, dia masih belum bisa membuka identitas maupun motif terduga pembakar mobil Alphard Via Vallen. Sebab, lanjut dia, penyidik masih menggali keterangan dari yang bersangkutan.

"Masih didalami (motif pembakaran). Yang jelas saat ini kita juga masih mencari keterangan dari saksi lainnya," ucap Ambuka.

Sebelumnya,   pedangdut Via Vallen melalui instastory akun Instagramnya @viavallen mengunggah video mobil mewahnya terbakar. Mobil putih itu terparkir di samping rumahnya saat terbakar.

Via Vallen menduga mobilnya dibakar oleh seseorang tak dikenal sekitar pukul 03.00 WIB. Kobaran api membakar bodi atas mobil tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.