Sukses

Begini Persiapan Universitas Airlangga Gelar UTBK-SBMPTN

Unair juga meminta pendampingan Satgas COVID-19 Universitas Airlangga dan Satgas COVID-19 Pemerintah Kota Surabaya dalam rangka UTBK-SBMPTN.

Liputan6.com, Jakarta - Panitia Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Universitas Airlangga (Unair) menyatakan persiapan pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) berjalan baik.

Ketua Panitia UTBK Universitas Airlangga (Unair), Prof Junaedi menyatakan, persiapan itu terdiri dari penyiapan fasilitas ujian dan persiapan personal.

Untuk penyiapan fasilitas ujian mulai dari fasilitas PC dan ruangan yang compatible dengan sistem nasional serta memenuhi protokol COVID-19 yang meliputi penerapan sosial dan physical distancing, pemeriksaan suhu tubuh, fasilitas cuci tangan, penggunaan marker dan alat pelindung diri lainnya serta penyiapan hand sanitizer dan disposable hand glow.

"Bahkan tempat parkir, kamar mandi, dan alur personal masuk dan keluar juga dipersiapkan dengan baik," ujar Junaedi saat dihubungi Liputan6.com, lewat pesan singkat, ditulis Selasa (30/6/2020).

Untuk persiapan personal, ia menuturkan juga telah dilakukan baik pada panitia dan pengawas yang terlibat dalam UTBK. Junaedi menuturkan, panitia dan pengawas dibekali ketentuan pengawasan UTBK dan protokol kesehatan.

Unair juga meminta pendampingan Satgas COVID-19 Universitas Airlangga dan Satgas COVID-19 Pemerintah Kota Surabaya dalam rangka UTBK-SBMPTN. Hal ini untuk menjamin pelaksanaan kegiatan dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Setiap sesi kami melibatkan sekitar 130 petugas baik penanggung jawab lokasi, kepala ruang, pengawas, IT, ruang dan petugas protokol kesehatan," ujar dia.

Selain memakai fasiitas di Universitas Airlangga di kampus A, B dan C,  Pusat UTBK Unair juga menggunakan fasilitas di perguruan tinggi mitra antara lain Universitas Muhammadiya Surabaya, Universitas 17 Agustus Surabaya dan STIESIA Surabaya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Imbauan dan Ketentuan bagi Peserta

Junaedi juga membagikan imbauan secara umum kepada peserta ujian antara lain untuk mendaftar UTBK pada pusat UTBK terdekat dari kota tempat tinggal. Peserta ujian juga diimbau untuk mempersiapkan diri di rumah masing-masing sambil mengisolasi diri mulai H-14 jadwal ujiannya.

"Ketika harus menginap sebelum atau pada saat UTBK disarankan menggunakan penginapan yang sudah menerapkan protokol kesehatan COVID-19,” ujar dia.

Ketentuan untuk peserta antara lain yaitu harus sehat, datang tepat waktu sesuai jadwal, mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, dengan face shield akan lebih baik, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, sarung tangan jika diperlukan.

"Panitia menyediakan disposable polivinil handglow, membawa hand sanitizer,” ujar dia.

Selanjutnya mematuhi jaga jarak, social distancing pada saat antre dan dalam kerumunan, membawa kartu ujian dan ijazah atau copy ijazah terlegalisir, atau surat keterangan lainnya sesuai panduan UTBK yang sudah disampaikan ke calon peserta.

"Saat ini yang diharuskan pada mereka adalah cetak kartu ujian karena ada beberapa perubahan jadwal ujian. Jadwal ujian juga berubah yang semula sesi pertama dimulai pukul 07.00 digeser menjadi 09.00,” tutur dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.