Sukses

5 Fakta Sosok William Wongso, Mentor Rendang Chef Ternama Gordon Ramsey

William Wongso merupakan pakar masakan Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Nama Chef William Wongso kini sedang menjadi perbincangan hangat warganet. Pria kelahiran Malang, Jawa Timur ini menjadi mentor bagi Chef Gordon Ramsay untuk memasak rendang.

Dilansir dari laman National Geographic serta akun Instagram Gordon Ramsay dan William Wongso, semua itu akan terangkum dalam program 'Gordon Ramsay: Uncharted'.

Proses syuting sudah dilakukan pada Januari 2020 di Bukittinggi dan beberapa daerah lainnya di Sumatera Barat. Gordon Ramsay menjelajahi sejumlah budaya khas Sumatera Barat untuk syuting Uncharted.

Bagi anak-anak milenial mungkin sudah sedikit asing dengan sosok William Wongso. Padahal ia merupakan salah satu maestro di bidang kuliner Indonesia. Pria 73 tahun ini bahkan menguasai menu masakan ala Asia terutama Indonesia hingga Eropa.

Berikut merupakan fakta sosok Chef William Wongso, dilansir dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Selasa (30/6/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Tidak sekolah kuliner

Di masa mudanya, awalnya William Wongso ingin mengejar karier di bidang film dan fotografi. Namun keinginan tersebut berubah karena kepiawaian sang ayah dalam memasak.

Selama kurang lebih 20 tahun berkiprah di dunia kuliner, ternyata ia tak pernah menempuh pendidikan kuliner yang formal. Melainkan, ia berguru langsung dengan pemiik warung pinggir jalan hingga penyaji makanan berkelas di berbagai restoran atau hotel berbintang.

 

3 dari 6 halaman

2. Pakar kuliner masakan Indonesia

Kiprah William dalam dunia kuliner Indonesia sudah tidak diragukan lagi. Ia bahkan pernah menerima Sertifikat Profesi bertaraf Nasional dari BNSP Competency Award Tahun 2008.

William Wongso juga dikenal sebagai salah satu pendiri organisasi Aku Cinta Makanan Indonesia (ACMI). Organisasi ini aktif memperkenalkan gastronomi Indonesia ke luar negeri.

4 dari 6 halaman

3. Anggota Elite De La Boulangerie International

William Wongso juga merupakan satu-satunya koki Indonesia yang tergabung dalam Elite De La Boulangerie International. Organisasi ini merupakan semacam organisasi koki elit di seluruh dunia.

5 dari 6 halaman

4. Pernah ditolak masuk dapur restoran bintang 5

Meski namanya sudah dikenal di kancah Internasional, ternyata ayah dua anak ini pernah mengalami kejadian yang tak mengenakkan ketika hendak mengisi acara Indonesia Tourism and Culinary Festival di Wina, Austria, Juni 2019 lalu. Yakni ia sempat ditolak untuk masuk ke dapur ketika ingin memasak sendiri.

Menurut William, itu kali pertama ia dan timnya tak diizinkan memasak di dapur hotel, selama 20 tahun berkecimpung di dunia kuliner. Ia pun pasrah saat chef hotel bersangkutan memaksa masak makanan Indonesia sendiri.

"Katanya, 'Kami sudah tahu. Kami belajar dari Google dan Youtube'," ujar William. Ia penasaran dengan kepercayaan diri chef asing itu hingga menunggu makanan dihidangkan. Setelah terhidang, ia melihat bahwa yang disajikan tak sesuai dengan standar makanan Indonesia.

6 dari 6 halaman

5. Memiliki sejumlah restoran

Bersama dengan anaknya, Tia Wongso, William mengelola sejumlah usaha di bidang kukis. Di antaranya yakni Vineth Bakery, William Kafe Artistik, William Gourmet Catering, dan Dapur William Wongso.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.