VIDEO: Evakuasi Seorang Pendaki Gunung Lemongan Terkendala Cuaca

Oleh Agustina Melani pada 24 Jun 2020, 14:55 WIB
Diperbarui 24 Jun 2020, 14:55 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Setelah sempat tertahan di puncak Gunung Lemongan akibat terjatuh, evakuasi Dwi Putri Handayani (26) akhirnya berhasil dilakukan tim reaksi cepat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lumajang. Tim reaksi cepat harus berjuang selama 24 jam, akibat terkendala medan yang sulit dan cuaca ekstrem.

"Kendala di lapangan adalah faktor cuaca, badai angin disertai hujan dan medan yang begitu curam dan bekas longsoran yang licin, terjal dan bebatuan," kata Danial Bagus, TRC BPBD Lumajang.

Dwi Putri Handayani, terjatuh usai mencapai puncak pada Minggu pagi. Ia mengalami cidera pada kaki kiri hingga tidak bisa berjalan. Rekan korban langsung menghubungi petugas BPBD untuk minta pertolongan.

“Baru nyampai puncak Minggu pagi, di perjalanan karena treknya pasir jadinya licin, sempet jatuh tapi ndak terlalu sakit, cuma waktu dari puncak turun langsung jatuh," keluh Dwi Putri.

Setelah berhasil dievakuasi, korban langsung dibawa ke Puskesmas Klakah untuk mendapatkan perawatan medis. Berikut seperti diberitakan pada Liputan6, 23 Juni 2020.