Sukses

Pesan Bupati Banyuwangi untuk Pelaku Seni di Era Normal Baru

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengajak para pelaku seni dan pariwisata untuk kembali menggiatkan sektor wisata di era normal baru.

Liputan6.com, Surabaya Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengajak para pelaku seni dan pariwisata untuk kembali menggiatkan sektor wisata di era normal baru. Ia meminta mereka mengusung program pariwisata bersih, sehat, dan aman.

Sosialisasi protokol kesehatan gencar dilakukan kepada pelaku wisata dan seni.

“Saya mengajak pelaku seni untuk menampilkan atraksi menarik namun tetap aman dari sisi kesehatan baik untuk pelaku maupun wisatawannya,” ujar Bupati Banyuwangi, seperti yang dikutip dari Antara, Kamis (18/6/2020).

Ia bertemu dengan para seniman, budayawan dan pelaku wisata terdampak Covid-19 saat membagikan secara simbolis  bantuan sosial tunai di Destinasi Wisata Hutan De Djawatan, Kecamatan Cluring. Bantuan sosial itu berasal dari Pemprov Jawa Timur, ada sekitar 900 pelaku wisata dan seni di Banyuwangi yang mendapat bantuan.

Menurut Bupati Banyuwangi, seniman dan budayawan merupakan pemangku kepentingan yang penting dalam kemajuan pariwisata di daerah. Sebab, seni dan budaya menjadi daya tarik utama pariwisata Banyuwangi, di samping pesona keindahan alamnya.

"Kita harus mulai bangkit kembali untuk menggeliatkan pariwisata. Maka, perlu diingat jika paradigma pariwisata kita sekarang adalah pariwisata sehat dan aman," ucapnya.

Bupati Banyuwangi menyebutkan sejumlah cara untuk menerapkan pariwisata sehat dan aman. Misal, para penampil seni harus memastikan dirinya dalam kondisi sehat saat tampil, jaga jarak saat tampil, dan menjaga interaksi dengan penonton agar jangan terlalu dekat.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.